PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI KELAS II SEKOLAH DASAR
Abstract
Dari hasil observasi penelitian di kelas II SDN Margorejo 4/406 Surabaya, ditemukan permasalahan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam penulisan ejaan dan kurang terampil dalam menuliskan ide dan gagasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi melalui penggunaan media puzzle, mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi melalui penggunaan media puzzle, dan mendeskripsikan kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi melalui penggunaan media puzzle serta cara mengatasinya. Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, catatan lapangan dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas guru siklus I diperoleh nilai 69,97 sedangkan pada siklus II sebesar 93,3. Selain itu aktivitas siswa, pada siklus I diperoleh nilai 72,54 sedangkan pada siklus II sebesar 94,19. Adapun ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 65% sedangkan pada siklus II mencapai 95%. Kendala-kendala yang dihadapi pada pengelolaan kelas dan hal tersebut dapat diatasi dengan baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi kelas II SDN Margorejo 4/406 Surabaya.