PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS XI-TKR-1 SMK NEGERI I KOTAANYAR

  • Shofia Hattarina

Abstract

Metode ceramah memang tidak selalu membosankan, tetapi kebanyakan siswa cenderung kurang aktif apabila menggunakan metode tersebut. Di SMK Negeri 1 Kotaanyarcara berfikir kritis siswa sangat kurang, karena minimnya variasi metode yang digunakan. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan metode reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah metode reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar PKn siswa Kelas XI TKR-1 SMK Negeri I Kotaanyar.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan berfikir kritis dan hasil belajar PKn pada materi budaya demokkrsi menuju masyarakat madani pada kelas XI TKR-1 SMK Negeri 1 Kotaanyar semester ganjil tahun ajaran 2013-2014.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yakni penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di kelas dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu. Tindakan yang dilakukan pada Pembelajarandengan Metode Reciprocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI-A2 SMK Negeri I Kotaanyar. Dalam pokok bahasan Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani. Pembelajaran PKn dengan menggunakan metode Reciprocal Teachingdapat meningkatkan berfikir kritis siswa, hal ini terbukti dengan adanya 16 pertanyaan, dengan  kriteria C2 ada 2 pertanyaan, C3 ada 2 pertanyaan,  C4 ada 13 pertanyaan dan  C5 ada 1 peratanyaan. Pembelajaran PKn dengan menggunakan metode Reciprocal Teaching Dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I nilai rata-rata 60 pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 78,43 sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Reciprocal Teachingdapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 18,43.

Published
2018-09-13