Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru

  • Khuliyati Khuliyati Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

This thesis discusses the leadership strategy of madrasah principals in improving teacher performance at MTs Darul Ulum Rejosari. The leadership of the madrasah principal shows progress, which can be seen from the achievements of students at the sub-district and district levels and the number of students is increasing from year to year.

The purpose of this study describes the leadership strategy of the madrasah principal in planning, in the implementation for improving, in supervising teacher performance Data sources consist of primary and secondary data. Collecting data using observation, interview and documentation techniques. Data analysis techniques were carried out by means of data reduction, data presentation, and data verification. To test the validity of the data, using triangulation techniques.

The results showed that the leadership strategy of the head of the madrasa in improving teacher performance was by formulating the vision and mission of the madrasah, madrasah work programs, formulating rules, increasing discipline, providing motivation, being an example for the teacher council, conducting regular supervision, providing coaching, training activities , MGMP/STC (Subject Teacher Conference), KKG/TWG (Teacher Working Group) and seminars.

References

1) Arikunto, Suharsimi, 1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta.
2) Ary et al, Donald, 1982, Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
3) Badu, Syamsu Q dan Novianty Djafri, 2017, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Gorontalo: Ideaspublishing.
4) Bafadal, 1992, Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru, Jakarta: Bumi Aksara.
5) Barnawi dan Mohammad Arifin, 2014, Instrumen Pembinaan, Peningkatan, & Penilaian Kinerja Guru Profesional, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
6) Bush, Toni dan Mariane Coleman, 2008, Manajemen Strategi Kepemimpinan Pendidikan, Yogyakarta: Ircisod.
7) Beni Ahmad Saebani dan Afifudin, 2009, Metedologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.
8) Departemen Agama Republik Indonesia, 1998, al-Qur’an dan Terjemahannya, Semarang: PT. Thoha Putra.
9) Marno, 2007, Islam by Manajement and Leadership Jakarta: Lintas Pustaka.
10) Moleong Lexy. J., 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya.
11) Mu’amalah Husnul, 2020, Analisis Kepemimpinan dan Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah Dan Disiplin Kerja Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Jurnal Dewantara Vol.IX.
12) Mulyasa, 2002, Manajemen Berbasis Sekolah:Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.
13) Mulyasa, 2011, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Rosdakarya.
14) Mushtafa, Al-Maraghi Ahmad, 1996, Terjemah Tafsir Al-Maraghi, Semarang: PT. Thoha Putra.
15) Peraturan Menteri Agama Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru
16) Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2017 Tentang Kepala Madrasah.
17) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
18) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 tahun 2017 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
19) Purwanto, Ngalim, 1997, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
20) Raihani, 2010, Kepemmpinan Sekolah Transformatif, Yogyakarta: LKIS Printing Cemerlang.
21) Rivai, Veithzal Deddy Mulyadi, 2009, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: Rajawali Pers.
22) S, Hakimi, 2020, Strategi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja, Jakarta: Guepedia.
23) Saekhan, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif, Kudus: Nora Media Enterprise.
24) Salusu, 2014, Strategi Pengambilan Keputusan, Jakarta: Pressindo.
25) Soebagio, Atmodiwiryo, 2011, Manajemen Pengawasan dan Supervisi Sekolah, Jakarta: PT. Ardadizya Jaya.
26) Sugiyono, 2020, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
27) Sunarto dan Jajuk Herawati, 2002, Manajemen, Yogyakarta: Mahenoko Total Design.
28) Surakhmad, Winarto, 1994, Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar Metode Teknik, Bandung: Tarsito.
29) Susanto, Ahmad, 2016, Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi dan Implementasinya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
30) Susanto, Ahmad, 2018, Strategi Pemimpin dalam Penguatan Iklim Sekolah Berbasis Budaya Kearifan Lokal, Yogyakarta: Deepublish.
31) Sutopo H. B, 2013, Pengumpulan dan Pengolahan Data dalam Penelitian Kualitatif dalam (Metodelogi Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis dan Praktis), Malang.
32) Undang-Undang RI No. 14 Th.2005, 2010 Undang-Undang Guru dan Dosen, Jakarta: Sinar Grafika.
33) Wexley, Kenneth N. dan Gary A Yulk, diterjemahkan oleh Muh. Shobaruddin, 1988, Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia, Jakarta: Bina Aksara
34) Wijaya, Candra, 2017, Perilaku Organisasi, Medan: LPPPI Indonesia.
Published
2022-09-30
How to Cite
Khuliyati, K. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 10(2), 81-91. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v10i2.1114

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.