Pengaruh Lifestyle, Social Environment, Dan Financial Islamic Literacy Terhadap Consumption Behavior Mahasiswa Bidikmisi (Studi Pada Mahasiswa Bidikmisi Universsitas Trunojoyo Madura)

  • Ratih Herawati Universitas Trunojoyo Madura
  • Elfira Maya Adiba

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah lifestyle, social environment, dan financial islamic literacy berpengaruh terhadap consumption behavior mahasiswa Bidikmisi (studi pada mahasiswa Bidikmisi Universitas Trunojoyo Madura). Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, dengan variabel yang digunakan adalah Lifestyle (X1), Social Environment (X2), Financial Islamic Literacy (X3), dan Consumption Behavior (Y). Sampel yang digunakan ialah sebanyak 373 mahasiswa Bidikmisi angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022 Universitas Trunojoyo Madura. Metode analisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan statistik yakni uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi berganda (R2). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel lifestyle, social environment, dan financial islamic literacy berpengaruh terhadap consumption behavior. Secara parsial variabel lifestyle (X1) tidak berpengaruh terhadap consumption behavior. Kemudian secara parsial variabel social environment (X2) dan financial islamic literacy (X3) berpengaruh dominan terhadap consumption behavior mahasiswa Bidikmisi Universitas Trunojoyo Madura.

References

[1] D. Maharani and T. Hidayat, “Rasionalitas Muslim : Perilaku Konsumsi dalam Prespektif Ekonomi Islam,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 6, no. 3, p. 103, 2020, doi: 10.29040/jiei.v6i3.1374.
[2] Kemenag, “Q.S Al-A’raf 7:31.” https://quran.kemenag.go.id/surah/7/31 (accessed Feb. 08, 2023).
[3] A. B. S, “Etika Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Hunafa J. Stud. Islam., vol. 11, no. 2, pp. 350–351, 2014.
[4] D. Dikti, “Bidikmisi.” https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ (accessed Feb. 08, 2023).
[5] D. H. Astuti D., A. Fauzi, and S. H., “Efektivitas Program Beasiswa Bidikmisi di Universitas Negeri Surabaya,” J. Din. Manaj. Pendidik., vol. 4, no. 2, p. 103, 2019, doi: 10.30651/didaktis.v19i3.3586.
[6] D. Ruliana, “Staf Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAAK) Universitas Trunojoyo Madura.” 22 Desember 2022, Kamal, Bangkalan.
[7] M. S. Hartiyani Sadu Budanti, Mintasih Indriayu, “Pengaruh Lingkungan Sosial dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. August, p. 128, 2016.
[8] B. Octaviani, “Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Perspektif Ekonomi Islam (Studi Mahasiswa Ekonomi Islam FIAI UII 2012),” 2016.
[9] N. Hasanah, T. Anggraini, R. Daim Harahap, and U. Islam Negeri Sumatera Utara, “Pengaruh Gaya Hidup, Media Sosial dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Konsumsi di Masa Pandemi Menurut Ekonomi Islam: Studi pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara Medan,” MES Manag. J., vol. 2, no. 1, pp. 1–13, 2023.
[10] M. N. Sukma and C. Canggih, “Pengaruh Electronic Money, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumsi Islam,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 7, no. 1, p. 209, 2021, doi: 10.29040/jiei.v7i1.1570.
[11] A. Syaichoni, “Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Consumer Behavior Mahasiswa,” An-Nisbah J. Ekon. Syariah, vol. 7, no. 1, pp. 74–119, 2020.
[12] R. Nurzianti, “Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Takengon,” Gorontalo Dev. Rev., vol. 5, no. 1, p. 49, 2022, doi: 10.32662/golder.v5i1.2025.
[13] A. Sanusi, Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2011.
[14] S. Cahyanti, “Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup Dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Bidikmisi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating,” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2021.
[15] I. Iskandar and R. Rahmayanti, “Pengaruh Gaya Hidup, Kelompok Teman Sebaya, dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi,” J. Ilmu Manaj. Dan Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 93–104, 2018, doi: 10.17509/jimb.v9i2.19749.
[16] W. Margaretta Panjaitan, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Para Pengguna E-Wallet (Studi Pada Mahasiswa S1 Pengguna E-Wallet Perguruan Tinggi Di Kota Jambi Tahun 2021),” Repository.Unja.Ac.Id, 2023, [Online]. Available: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43663.
Published
2023-10-31
How to Cite
Herawati, R., & Adiba, E. (2023). Pengaruh Lifestyle, Social Environment, Dan Financial Islamic Literacy Terhadap Consumption Behavior Mahasiswa Bidikmisi (Studi Pada Mahasiswa Bidikmisi Universsitas Trunojoyo Madura). Jurnal Ilmiah Ecobuss, 11(2), 90-100. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v11i2.1521

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.