Pengaruh Kualitas Pelayanan (O-Ranger Mobile), Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan
Abstract
This research aims to determine several factors that influence customer satisfaction which consists of the following variables: quality of administration (O-ranger mobile), ideality, synchronization and level of delivery rates on consumer satisfaction within the Kraksaan Post Office. The approach to this research uses a quantitative descriptive method, for the data sample in this research using purposive sampling data collection, namely by distributing questionnaires to customers of the Kraksaan branch post office. The results of research on Service Quality (O-ranger Mobile), timeliness of goods delivery, and goods delivery rates have a partial and simultaneous effect on customer satisfaction. However, there are two variables that have a significant effect in this research and one variable has no partial effect on Customer Satisfaction.
References
S., Hafizha, Abdurrahman, H.,S., Nuryani, (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express. Jurnal Manajemen dan Bisnis, No. 1, Vol 2.
D.,K., Gultom, M., Arif, M., Fahmi, 2020, Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan, Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, No. 2, Vol 3, hal 171-180.
Romatul, H., A., Aziz, W., Ahdiyat, A.,S., 2022, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Payment Point BSI Genggong Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Pembayaran Biaya Pendidikan Mahasiswa FEBI UNZAH), Jurnal Kewarnegaraan, No. 2, Vol 6, hal 5174-5186.
S., Wahyuni, Nasution, Fitri, A., N., 2023, Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Pekanbaru (Studi Kasus Pada J&T Express Payung Sekaki), Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, No. 1, Vol 2, hal 337-346.
Kotler, Philip, Gary A., 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Erlangga, Jakarta.
Dedi, J.,H., M., Syarif, H.,E., Nuntupa, 2021, Membentuk Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Babalati Kota Probolinggo, Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, No. 7, Vol 2, hal 113-125.
Kotler, Philip, Keller, K.,L., 2018, Manajemen Pemasaran. PT Indeks.
Shintia, J., N., Rachma, Alfian, B., P., 2020, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Dan Tarif Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Pos Indonesia (Studi Kasus Pada Pelanggan PT. Pos Indonesia Cabang Gempol), e – Jurnal Riset Manajemen, No. 12, Vol 09, hal. 143-156.
A.,P., Siregar, H., Tannady, I.,A., Jusman, Pandu, A.,C., M., Samsul, A., 2022, Peran Harga Produk Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Produk Could Pressed Juice Re. Juve, Management Studies and Entrepreneurship Journal, No. 5, Vol 3, hal 2657-2665.
Nurul, E., A., Yazid, A.,Q., Maryani, Pengaruh Brand Image, Trust dan Service Quality terhadap Loyalitas Anggota Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Maslahah Cabang Maron, Jurnal Pendidikan dan Konseling, No. 5, Vol 4, hal. 400-408.
H., Millah, Hamdiyah, S., 2020, Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Alfamart Di Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan), Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, No. 2, Vol 6, hal 134-142.
A., Gofur, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Jakarta, No. 1, Vol 4, hal 37-44.
S.,R., Sasongko, 2021, Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran), Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, No. 1, Vol 3, hal 104-114.
A., Mukhid, 2019, Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif, CV. Jakad Media Publishing, Surabaya.
Syahrum, Salim, 2012, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cipta Pusaka Media, Bandung.
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Rochmat, A.,P., 2016, Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS, CV. Wade Group, Ponorogo.