Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Shopee
Abstract
This study aims to determine the effect of Product Quality on Consumer Loyalty through Consumer Satisfaction. This study uses primary data whose data collection uses a questionnaire. In this study, researchers used the Research Instrument Test (Validity Test, Reliability Test), SEM PLS, Model Accuracy Test (R-Square, Hypothesis Test) with the help of SMART PLS 4. The population in this study were all STIE Malangkucecwara Management Department students totaling 100. The results of the research obtained using the t test show that Product Quality has a significant positive effect on Customer Satisfaction with a result of 0.000, Product Quality has no significant positive effect on Customer Loyalty with a result of 0.070, and Customer Satisfaction has a significant positive effect on Customer Loyalty with a result of 0.000.
Keywords: Product Quality, Consumer Loyalty, Consumer Satisfaction.
References
Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30.
Agusti, I. S., & Verano, Y. (2020). Pengaruh Kualitas PElayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (KFC Arjuna Medan Perjuangan). 11(1), 37–42.
Anggraeni, D. P., Kumadji, S., & Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). 37(1).
Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi (JAMANE), 1(1), 1–14. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7
Juniarti, S., Zuraida, L., & Wikaningtyas, S. U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, HArga Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Pada Bento Kopi) . Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.472
Lestari, R., & Elwisam. (2017). Pengaruh Kualitas Produk. Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepusan Konsumen Hypermart Giant Tangerang selatan. Jurnal Manajemen Dan Perbankan, 4(2), 40–67.
Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, HArga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Air Manado. 6(3), 1658–1667.
Melati, A. P., Utari, D., Aktarina, D., & Jannah, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Dan Kegunaan Atau Manfaat Terhadap Brand Image (Citra Merek) Pada Produk GEELA di JM GROUP Lemabang Palembang. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, Dan Akuntansi, 7(1), 11–27.
Nurullaili, & Wijayanto, A. (2013). Analisis FAktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Trupperware (Studi Pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 89–97.
Ofela, H. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kingabi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–15.
Rachmawati, R. (2014). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Sebuah Kajian Terhdap Bisnis Makanan). 1(1), 66–79.
Rofiah, C., & Wahyuni, D. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. 12(1), 69–82.
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan HArga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas KOnsumen (Studi Pada KOnsumen Geprek BEnsu Rawamangn) Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146.
Suwito, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV Global AC Banjarbaru. 14(3), 255–262.
Tombeng, B., Roring, F., & Rumokoy, F. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Raja OCI Manado 7(1), 891–900.
Woen, N. G., & Santoso, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur : Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 146–163.