Pengaruh Market Value Added (MVA), Net Profit Margin (NPM) Dan Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di BEI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Market Value Added (MVA), Net Profit Margin (NPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham pada perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di BEI. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di BEI. Pemilihan sampel melalui teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 10 perusahaan. Metode analisis yang digunakan meliputi, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t, uji F dan uji dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Market Value Added (MVA) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan Market Value Added (MVA), Net Profit Margin (NPM) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh terhadap harga saham. Market Value Added (MVA) memiliki pengaruh dominan terhadap harga saham.
Referensi
Fahmi, I. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan Dan Pasar Modal, Ed.1, Jakarta. Mitra Wacana Media.
Hamidah. (2019). Manajemen Keuangan, Ed.1, Bogor. Mitra Wacana Media.
Hidayat, W. W. (2018). Dasar-dasar Analisa Laporan Keuangan, Ed.1, Ponorogo. Uwais Inspirasi Indonesia.
Kasmir. (2021). Analisis Laporan Keuangan, Depok. PT Rajagrafindo Persada.
Parhusip, E., Waruwu, J., Febriana., C. M., & Mesrawati (2021). Pengaruh EVA, Sales Growth, MVA, DER, Laba Bersih Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia. Jurnal E-Bis (Ekonomi Bisnis), no 1, vol 5, hal 126-143. https://doi.org/10.37339/jurnal e-bis.v5i1.550
Priantono, S., Hendra, J., & Nova, D. A. (2018). Pengaruh Cuurent Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM), dan Return On Investment (ROI) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ecobuss, no 1, vol 6, hal 63-68.
Rinofah, R., Sari, P. P., & Amrina, H. N. (2022). Analisis Pengaruh Economic Value Added, Profitabilitas dan Market Value Added terhadap Harga Saham Perusahaan: Studi Kasus pada Perusahaan LQ45 BEI Periode 2016 – 2020. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah, no 3, vol 4, hal 867-879. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i3.746
Santoso, A., Syahputri, A., Puspita, G., Nurhikmat, M., Dewi, S., & Arisanti, M. (2023). Manajemen Investasi dan Portofolio, Ed.1, Purbalingga. CV. Eureka Media Aksara.
Sujarweni, V. W. (2022). Metode Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.
Wicaksono, D. H., & Sari, S. P. (2019). Pengaruh Return on Assets , Return on Equity , Economic Value Added , Market Value Added Terhadap Harga Saham Di Jakarta Islamic Index 30 Periode 2016 - 2018. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Indonusa Conference on Technology and Social Science, hal 231-240.
Wulandari, B., Daeli, I. J., Bukit, I. K. B., & Sibarani, W. N. S. (2020). Pengaruh ROE, CR, TATO, NPM Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sub Customer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Riset & Jurnal Akuntansi, no 1, vol 4, hal 114-124. https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.187 e
https://www.idx.id/id/perusahaan-tercatat/Laporan-Keuangan – dan – Tahunan – 5 – maret– 2024