Pengaruh Produksi Syari’ah dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Syati’ah Probolinggo
Abstract
Penelitian ini dilakukan di PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Syari’ah Probolinggo, dengan tujuan yang diharapkan dapat dicapai adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh produk syari’ah dan promosi penjualan secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo. 2) Untuk mengetahui pengaruh produk syari’ah dan promosi penjualan secara parsial terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo. 3) Untuk mengetahui variabel di antara produk syari’ah dan promosi penjualan yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasional, dengan variabel bebas yaitu produk syari’ah dan promosi penjualan, dan variabel terikat yaitu keputusan menabung, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 64 orang dengan kriteria nasabah yang menabung dan calon nasabah yang memerlukan informasi produk syari'ah. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh produk syari’ah dan promosi penjualan secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo dibuktikan engan uji hipotesis secara simultan yaitu Fhitung = 15,067 lebih besar dari nilai Ftabel = 3,148 (Fhitung > Ftabel) dengan nilai probabilitas (Sig. F) = 0,00 < (0,05). Pengaruh produk syari’ah dan promosi penjualan secara parsial terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo dibuktikan uji hipotesis secara parsial yaitu nilai thitung X1 = 3,530 > ttabel = 2,298 dengan nilai probabilitas (Sig. t) = 0,001 < /2 (0,05/2=0,025) sedangkan nilai thitung X2 = 2,542 > ttabel = 2,298 dengan nilai probabilitas (Sig. t) = 0,014 < /2 (0,05/2=0,025). Variabal variabel produk syari’ah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo yang ditunjukkan dengan nilai koefisien beta variabel X1 = 0,400 lebih besar dari nilai koefisien beta variabel X2 = 0,288.
Kata kunci : Produk Syari’ah, Promosi Penjualan, Keputusan Menabung