Pengaruh Produksi Syari’ah dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Syati’ah Probolinggo

  • Mutimmah Rustianawati Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Lukman Hakim Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Syari’ah Probolinggo, dengan tujuan yang diharapkan dapat dicapai adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh produk syari’ah dan promosi penjualan  secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo. 2) Untuk mengetahui pengaruh produk syari’ah dan promosi penjualan secara parsial terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo. 3) Untuk mengetahui variabel di antara produk syari’ah dan promosi penjualan yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasional, dengan variabel bebas yaitu produk syari’ah dan promosi penjualan, dan variabel terikat yaitu keputusan menabung, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 64 orang dengan kriteria nasabah yang menabung dan calon nasabah yang memerlukan informasi produk syari'ah. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh produk syari’ah dan promosi penjualan secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo  dibuktikan engan uji hipotesis secara simultan yaitu Fhitung = 15,067 lebih besar dari nilai Ftabel = 3,148 (Fhitung > Ftabel) dengan nilai probabilitas (Sig. F) = 0,00 <  (0,05). Pengaruh produk syari’ah dan promosi penjualan secara parsial terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo dibuktikan uji hipotesis secara parsial yaitu nilai thitung X1 = 3,530 > ttabel = 2,298 dengan nilai probabilitas (Sig. t) = 0,001 < /2 (0,05/2=0,025) sedangkan nilai thitung X2 = 2,542 > ttabel = 2,298 dengan nilai probabilitas (Sig. t) = 0,014 < /2 (0,05/2=0,025). Variabal variabel produk syari’ah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo yang ditunjukkan dengan nilai koefisien beta variabel X1 = 0,400 lebih besar dari nilai koefisien beta variabel X2 = 0,288.

 

Kata kunci :    Produk Syari’ah, Promosi Penjualan, Keputusan Menabung

Published
2017-03-13
How to Cite
Rustianawati, M., & Hakim, L. (2017). Pengaruh Produksi Syari’ah dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Syati’ah Probolinggo. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 5(1), 33 - 46. Retrieved from https://ejournal.upm.ac.id/index.php/ecobuss/article/view/242

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.