Harga Dan Promosi Yang Efektif Untuk Peningkatan Hasil Penjualan Di Fajar Mebel Haurwangi Bandung

  • Sri Winarsih STKIP Panca Sakti Bekasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari harga dan promosi yang efektif untuk meningkatkan hasil penjualan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis data kualitatif kuantitatif yang terdiri dari perhitungan analisis regresi berganda, analisis determinasi, dan analisis koordinasi linier berganda dengan variabel independen harga dan promosi dan variabel yang digunakan adalah hasil penjualan. Data diperoleh dari sumber data primer atau data sekunder yang langsung dari Fajar Mebel Haurwangi Bandung. Dari hasil perhitungan analisis regresi linier berganda perhitungannya adalah Y = 4,045 + 0,349X1 + 0,531X2 yang berarti bahwa nilai a = 4,045 adalah konstanta yang meningkatkan hasil penjualan di Fajar Mebel Haurwangi Bandung. Yang berarti bahwa semakin tinggi alasan X, semakin tinggi nilai Y. Nilai b1 = 0,349 berarti bahwa setiap kenaikan harga jual produk akan meningkatkan hasil penjualan sebesar 0,349. Nilai b2 = 0,531 berarti bahwa setiap peningkatan jumlah biaya promosi akan meningkatkan hasil penjualan sebesar 0,531. 0,644 analisis koefisien linier berganda korelasi kuat antara variabel X1 dan X2 pada variabel Y. Nilai koefisien determinasi 41,5% dipengaruhi oleh harga jual dan promosi, sedangkan 58,5% tergantung pada faktor lain. Pada pengujian masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat pada variabel X2 memiliki variabel dominan pada variabel Y. Nilai F adalah 17,346> F tabel 3,187. Jadi Ho ditolak dan H1 diterima, disimpulkan karena ada pengaruh positif yang signifikan antara harga dan promosi yang efektif terhadap peningkatan hasil penjualan secara bersamaan pada Fajar Mebel Haurwangi Bandung.

 Keywords: Harga, penetapan harga, promosi, bauran promosi, hasil penjualan

Published
2019-03-27
How to Cite
Winarsih, S. (2019). Harga Dan Promosi Yang Efektif Untuk Peningkatan Hasil Penjualan Di Fajar Mebel Haurwangi Bandung. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 7(1), 71 - 81. Retrieved from https://ejournal.upm.ac.id/index.php/ecobuss/article/view/350

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.