Analisis Rasio Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT. Mitra Bisnis Keluarga Venura

  • Rusdiono Rusdiono STKIP Panca Sakti Bekasi

Abstract

Penelitian dilakukan di Pada PT. Mitra Bisnis Keluarga Ventura dengan tujuan untuk melakukan analisis terhadap kinerja keuangan perusahaan tahun 2016-2018 Pada PT. Mitra Bisnis Keluarga Ventura.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan memakai rumus analisis rasio menurut Keputusan Menteri BUMN No. 100/MBU/2002. Variabel dalam penelitian ini yaitu laporan neraca Pada PT. Mitra Bisnis Keluarga Ventura tahun 2016-2018 dan laporan rugi laba Pada PT. Mitra Bisnis Keluarga Ventura tahun 2016-2018. Metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan diperoleh data-data berupa laporan laba rugi dan neraca perusahaan tahun 2016-2018. Metode analisis data yang dipakai dalam pengujian dan pembuktian hipotesis terhadap permasalahan di atas yaitu metode analisis kuantitatif dengan memakai rumus analisis rasio menurut Keputusan Menteri BUMN No. 100/MBU/2002, dan metode kualitatif berupa pengambil kesimpulan dengan membandingkan angka-angka yang ada pada hasil pengambilan data sesuai dengan data atau informasi yang diperoleh dari analisa.

Dari hasil analisis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kinerja keuangan perusahaan masih dalam kondisi kurang sehat karena dalam jangka waktu tiga tahun perusahaan mengalami penurunan kinerja. Untuk itu, diharapakan perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya terutama dalam hal keuangan dengan mempertahankan tingkat Cash Ratio dan Current Ratio, memperhatikan perputaran asset sehingga nantinya akan dapat meningkatkan pendapatan. Perusahaan juga diharapkan mampu mempertahankan perputaran persediaan dan juga periode penagihan serta Perusahaan diharapkan juga dapat memperluas area pelayanan guna meningkatkan volume pendapatan perusahaan.

 Kata kunci : Analisis Rasio, Kinerja Keuangan, Laporan Keuangan

Published
2019-09-26
How to Cite
Rusdiono, R. (2019). Analisis Rasio Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT. Mitra Bisnis Keluarga Venura. Ecobuss, 7(2), 10 -23. Retrieved from https://ejournal.upm.ac.id/index.php/ecobuss/article/view/511