Beberapa Persepsi Tentang Perjuangan Emansipasi Wanita Ditinjau Dari Budaya Dan Agama

  • Azis Setyagama Dosen Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

Emansipasi Wanita merupakan suatu wujud dari perjuangan kaum wanita agar harkat dan martabatnya bisa sejajar dengan kaum pria. Emansipasi wanita di Indonesia sebenarnya sudah lama di perjuangkan oleh para kaum Wanita yaitu sejak R.A . Kartini ingin merubah tradisi-tradisi yang membelenggu kemajuan dari kaum wanita. Perjuangan Emansipasi Wanita yang dikehendaki oleh R.A Kartini bukan emansipasi wanita yang dikomandangkan oleh pejuang emansipasi wanita dari Barat atau Amerika Serikat yang menghendaki persamaan mutlak antara pria dan wanita dalam segala hal tanpa mempertimbangkan unsur-unsur yang bersifat kodrati , perjuangan emansipasi wanita di Indonesia harus mempertimbangkan sifat-sifat kodrat dari wanita itu sendiri, sehingga tidak menyimpang dari keinginan yang dikehendaki oleh R.A. Kartini, yaitu menjunjung harkat dan martabat putri Indonesia.

Published
2014-04-22
How to Cite
Setyagama, A. (2014). Beberapa Persepsi Tentang Perjuangan Emansipasi Wanita Ditinjau Dari Budaya Dan Agama. IUS : Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum, 1(1), 33-38. https://doi.org/10.51747/ius.v1i1.361
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.