Peranan Mahkamah Konstitusi Dalam Menjaga Good Governance Melalui Judicial Review Terhadap Undang-undang

  • Azis Setyagama Dosen Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

Keberadaan Lembaga Mahkamah Konstitusi Dalam UUD NRI Tahun 1945 dimaksudkan untuk koreksi terhadap kebijakan penyelenggaraan negara yang dilakukan oleh Orde Baru dimana pada masa itu undang-undang tidak dapat diuji oleh lembaga negara lain, sehingga kebijakan penyelenggara negara cenderung otoriter dengan dasar undang-undang tersebut, padahal undang-undang yang dijadikan dasar kebijakan itu belum tentu materinya/isinya mencerminkan rasa kebenaran, keadilan maupun kesejahteraan bagi masyarakat sehingga undang-undang hanya dijadikan sebagai alat penguasa untuk kepentingannya. Mahkamah Konstitusi berwenang untuk menguji undang-undang apabila undang-undang itu bertentangan dengan UUD NRI Tahun 1945, azas keadilan maupun azas kebenaran secara universial, sehingga Mahkamah Konstitusi mempunyai peran besar dalam menjaga penyelengaraan pemerintahan melalui uji material terhadap undang-undang yang nantinya akan dijadikan dasar kebijakan dalam penyelenggaraan negara.

Published
2015-04-22
How to Cite
Setyagama, A. (2015). Peranan Mahkamah Konstitusi Dalam Menjaga Good Governance Melalui Judicial Review Terhadap Undang-undang. IUS : Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum, 2(1), 15-22. https://doi.org/10.51747/ius.v2i1.379
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.