Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Eksekusi Di Pengadilan Tata Usaha Negara

  • Harmoko Harmoko Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pengawasan terhadap pelaksanaan eksekusi di lingkup Pengadilan Tata Usaha Negara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Permasalahan mendasar pada penelitian ini adalah lemahnya pengawasan pengadilan terhadap pelaksanaan eksekusi suatu penetapan penundaan. Oleh karena itu, untuk menciptakan keadilan dan perlindungan hukum bagi para pencari keadilan, PTUN harus selalu menekan seminimal mungkin terjadinya ketidakpatuhan pemerintah untuk melaksanakan perintah penetapan penundaan pelaksanaan KTUN yang merugikan salah satu pihak. Dengan melakukan pengawasan yang lebih aktif dan ketat terhadap berlakunya penetapan penundaan tersebut, dengan mengefektifkan dan memaksimalkan lembaga independen sebagai lembaga pengawasan dalam hal ini adalah Ombudsman RI.

Kata Kunci : Pengawasan, Eksekusi, Pengadilan Tata Usaha Negara

Published
2021-01-12
How to Cite
Harmoko, H. (2021). Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Eksekusi Di Pengadilan Tata Usaha Negara. IUS : Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum, 7(1), 16-28. https://doi.org/10.51747/ius.v7i1.662
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.