Perlindungan Hukum Terhadap Pelestarian Hutan Kota Dalam Perencanaan Pembangunan Di Kota Probolinggo

  • Purwanto Purwanto Staf Pengajar Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Elliyin Balkis Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengatasi permasalahan yang timbul dari dampak lingkungan dikawasan perkotaan dan bagaimana Peran dan Upaya Hukum yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo guna melestarikan hutan kota. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan hutan kota ini di antaranya dengan adanya faktor kerusakan alam secara eksternal dan kerusakan alam secara internal. Kerusakan alam karena faktor internal pada umumnya diterima sebagai musibah bencana alam. Kerusakan karena faktor eksternal adalah kerusakan yang di akibatkan oleh ulah manusia dan pada umumnya disebabkan oleh kegiatan industri, berupa limbah buangan produksi, selain dari itu pemakaian bahan bakar fosil sudah pasti akan mencemari lingkungan pula. Peranan Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo terkait penanganan hutan kota adalah sebagai Pelaksana, Pengawas, Perumus perencanaan kebijakan, Pengelola serta pengkoordinir segala hal yang berhubungan dengan lingkungan hidup Kota Probolinggo, baik itu dengan instansi lainnya ataupun dengan masyarakat setempat. Proses pelaksanaan Peraturan Pemerintah tentang hutan kota yang di lakukan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Probolinggo merupakan proses yang tak dapat di pisahkan guna menghindari atau meminimalisirkan tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup, khususnya terhadap hutan kota.

Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Hutan Kota, Probolinggo

Published
2021-01-12
How to Cite
Purwanto, P., & Balkis, E. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Pelestarian Hutan Kota Dalam Perencanaan Pembangunan Di Kota Probolinggo. IUS : Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum, 7(1), 29-39. https://doi.org/10.51747/ius.v7i1.663
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.