Tinjauan Yuridis Terhadap Undang–Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit Dalam Pengelolahan Limbah Padat

(Studi di RSUD M. Saleh Probolinggo)

  • Moh. Syarif Hidayatullah Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Purwanto Purwanto Staf Pengajar Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengolahaan limbah padat di RSUD Dr. Moch Saleh Probolinggo, faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pengolahan Limbah padat di RSUD Dr. Moch Saleh Probolinggo dan pengaruh terhadap lingkungan jika limbah medis padat tidak dikelola dengan baik. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris. Pelaksanaan pengelolaan limbah padat di Rumah Sakit Umum Daerah Moh. Saleh Kota Probolinggo belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 Dan Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) sebagai aturan pelaksana. Hal ini disebabkan karena masih ada beberapa fasilitas pendukung pengelolaan yang belum ada di Rumah sakit ini dan prosedur pengelolaan yang masih bermasalah. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan limbah padat Rumah Sakit Umum Daerah Moh. Saleh Kota Probolinggo adalah : Fasilitas pengelolaan limbah padat yang belum memadai dan Pihak rumah sakit yang masih mengabaikan prosedur pengelolaan limbah padat. Pengaruh limbah medis padat jika tidak dikelola dengan baik maka akan berdampak tidak nyaman dalam rumah sakit terhadap pasien maupun orang di sekitar lingkungannya dan menambah wabah penyakit.

Kata Kunci : Rumah Sakit, Pengelolahan Limbah Padat, Probolinggo

Published
2021-01-17
How to Cite
Hidayatullah, M., & Purwanto, P. (2021). Tinjauan Yuridis Terhadap Undang–Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit Dalam Pengelolahan Limbah Padat. IUS : Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum, 8(1), 65-73. https://doi.org/10.51747/ius.v8i1.684
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.