Pengaruh Digital Marketing Dan Content Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada PT Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo

  • Della Sora Nabillaprila Universitas Panca Marga
  • Rr Setyani Hidayati Universitas Panca Marga
  • Hermanto Hermanto Universitas Panca Marga
Keywords: digital marketing, content marketing, purchase intention, brand image

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, content marketing terhadap purchase intention melalui brand image pada PT Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dengan menggunakan alat uji SMART PLS 4.0. Jumlah sampel sebanyak 100 orang  menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu insidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel digital marketing berpengaruh langsung terhadap brand image diterima, content marketing berpengaruh langsung  terhadap brand image diterima , digital marketing berpengaruh langsung  terhadap purchase intention diterima, content marketing berpengaruh langsung  terhadap purchase intention diterima, brand image berpengaruh langsung  terhadap purchase intention diterima, dibuktikan pada uji hipotesis dari bootstrapping menunjukkan nilai P-Values dibawah 0,05. Begitupun pada uji analisis jalur menunjukkan hasil bahwa digital marketing berpengaruh tidak langsung terhadap purchase intention melalui brand image ditolak, content marketing berpengaruh tidak langsung terhadap purchase intention melalui brand image diterima.

References

Agus, I. G., Kameswara, R., Nyoman, N., & Respati, R. (2022). Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh E-wom Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Sepeda Motor Honda ADV. 11(5), 1009–1028.
Amalia, C. D. (2020). Pengaruh Content Marketing Di Instagram Stories @Lcheesefactory Terhadap Minat Beli Konsumen. 7, 1–11.
Arifin, A., Widayanto, M. T., & Hermanto, H. (2017). Pengaruh produk, harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian. 5(September), 10–21.
Artikel, I. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Produk Usaha Siwang Nounna Saritie Kabupaten Indramayu. 1(2), 83–92.
Bisri, M. M. H., & Pitoyo. (2022). Konten Marketing Instagram Dan Brand Image Pada Minat Penggunaan Jasa Perencanaan Keuangan. 5(1), 190–205.
Dedeh Kurniasih. (2021). Kepuasan Konsumen. Bintang Sembilan Visitama.
Dewantara, D. B., & Raharjo, S. T. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Pada Media Sosial Youtube Dan Asosiasi Merek Terhadap Minat Pada Produk Laptop Asus ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang ). 11, 1–10.
Dhiraj Kelly, S. (2021). Digital Marketing: Brand Image. Scopindo Media Pustaka.
M. Syarif Hidayatullah Elmas, Hermanto, H., Yatiningrum, A., Rosita, N. M., & Rianti, E. M. (2018). Pengaruh dimensi bauran promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana telkomsel. 6(2008), 39–51.
Mahendra, F. Z., Brawijaya, U., Nugroho, D. A., & Brawijaya, U. (n.d.). Pengaruh Content Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Fan Apparel Dengan Customer Engagement Sebagai Variable Mediasi (Studi Pada Akun Instagram @Authenticsid).
Masyithoh, I. N., Novitaningtyas, I., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Tidar, U. (n.d.). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia.
Muhammad Rasyid, R. (2022). Pengaruh Online Advertising Dan Content Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Bisnis Digitumo. 1–18.
Mumpuni, A., & Cahyani, L. (2021). Pengaruh Content Marketing Melalui Instagram Terhadap Brand Image Konsumen Pada Comfort Of Chocolate Tahun 2020 The Effect Of Content Marketing Throught Instagram On The Brand Image Of Customers In The Comfort Of Chocolate In 2020. 7(3), 311–321.
Mustika, S., Angreni, W., & Perwito. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Citra Perusahaan Pada Pt . Pos Indonesia ( Persero ) Bandung 40000 Jimea | Jurnal Ilmiah Mea ( Manajemen , Ekonomi , Dan Akuntansi ). 5(2), 1543–1553.
Mustika, W. (n.d.). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Handuk Pada Marketplace “ X .” 709–716.
Penny, A., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Jimea | Jurnal Ilmiah Mea ( Manajemen , Ekonomi , Dan Akuntansi ). 6(3), 2008–2018.
Sikteubun, M. R., Dirgantara, I. M. B., & Nurdianasari, R. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image, Perceived Price, Dan Perceived Value Terhadap Purchase Intentions Pada Produk Private Label. 11(2017), 1–12.
Siswoyo, H. (2017). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen AMOS LISREL PLS. Luxima Metro Medha.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
V. Wiratna Sujarweni. (2021). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Widagdo, S., Bagus, I., & Suardana, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Keputusan Wisatawan Dengan Brand. 158, 243–270. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5205
Wulandari, K. (2021). Pengaruh Brand Trust, Brand Iklan, Dan Minat, Terhadap Pada, Studi Sociolla, Pengguna E-commerce. 8.
Published
2023-06-28
How to Cite
Nabillaprila, D., Hidayati, R., & Hermanto, H. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Content Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada PT Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(3), 351-360. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i3.1422