Pengaruh Kinerja Pelayanan, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Jasa Ekspedisi Sicepat Ekspres Dijalan Mastrip Kota Probolinggo
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja pelayanan, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen pada jasa Ekspedisi SiCepat Ekspres di jalan Mastrip kota Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan variabel kinerja pelayanan (X1), variabel kepercayaan (X2), variabel kepuasaan (X3) dan loyalitas konsumen (Y). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 87 responden dengan metode sampel nonprobability sampling yakni sampling purposive. Metode analisis data yang digunakan meliputi : statistik deskriptif, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi dasar, regresi linier berganda, koefisien determinasi (R Square), pengujian hipotesis yang terdiri dari uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel X1diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (2.439 > 1,988) dengan bahwa kinerja pelayanan berpengaruh positif secara parsial terhadap loyalitas konsumen, varibel X2 diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (4.833> 1,988) bahwa kepercayaan berpengaruh positif secara parsial terhadap loyalitas konsumen, variabel X3 diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (3.593 > 1,988) bahwa kepuasan berpengaruh positif secara parsial terhadap loyalitas konsumen.
References
Ettah, Pingkan, Nadhya, Pondaag, Jessy J. 2019. Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Mobil Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA.
Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: UNITOMO PRESS.
Kirom, Bahrul. 2020. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Bandung: PUSTAKA REKA CIPTA.
Masitoh, Rahmawati, Martina, Wibowo, Andi, Hermansyah, Ikhsan dan Khairul. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee. Jurnal Sains Manajemen.
Mulyawan, Rahman. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Jakarta: UNPAD PRESS.
Priansa, Judi, Donni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: ALFABETA.
Prisanti, M. D, Suyadi, Imam dan Arifin, Zainul. 2017. Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust terhadap E-Customer Satisfaction serta Implikasinya terhadap E-customer Loyalty. Jurnal Business Studies.
Priyatno, Dwi. 2014. SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Rembet, Natallie, Vvennya, Mananeke, Lisbeth, Loindong dan S jendry S. 2020.Pengaruh Service Performance, Kepercayaan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Sulutgo Cabang Beo. Jurnal EMBA.
Robby, dharma. 2017 Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. 2020. Metode penelitian kuantitaif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V., & Wiratna.2019. Metodelogi Penelitian Bisnis & Ekonomi.Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.