Pengaruh Store Atmosphere, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Supermarket Sinar Terang Kota Probolinggo

  • Fathus Sofyan Universitas Panca Marga
  • Khusnik Hudzafidah Universitas Panca Marga
  • Agustina Pujiastuti Universitas Panca Marga
Keywords: Store Atmosphere, Kelengkapan Produk, Harga Keputusan Pembelian

Abstract

Supermarket Sinar Terang Kota Probolinggo dapat terwujud secara maksimal jika faktor-faktornya terpenuhi dengan baik. Salah satu faktor ialah store atmosphere atau suasana toko yang nyaman, kelengkapan produk yang dapat mememenuhi kebutuhan konsumen, dan harga yang dapat dijangkau oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, kelengkapan produk dan harga secara simultan, parsial dan dominan terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Sinar Terang Kota Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitaif dengan pendekatan asosiatif. Kesimpulannya hasil pengujian menunjukkan bahwa 1) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Sinar Terang Kota Probolinggo. 2) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Sinar Terang Kota Probolinggo. Dari ketiga variabel penelitian, yang berpengaruh dominan adalah variabel harga karena memiliki nilai koefisiensi bea paling besar dibandingkan dengan variabel store atmosphere dan kelengkapan produk.

 

References

Utami. (2018). Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba.
Rangga, Y. T. (2022). MINAT DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TINJAUAN MELALUI PERSEPSI HARGA & KUALITAS PRODUK (Konsep dan Studi Kasus). Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Sudaryono. (2016). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Jakarta: KENCANA.
Sujarweni. (2022). METODOLOGI PENELITIAN BISNIS & EKONOMI. Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.
Astarina, E. &. (2021). METODOLOGI PENELITIAN. Yogyakarta: ANDI.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada era media sosial. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Suwarsito, H. M. (2020). DASAR-DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Purwokerto: UMP.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 25. Ponorogo: BPUP.
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. IPI.
Rahmawati. (2022). Apa Saja Variabel Penelitian Dalam Bidang Marketing. Samarinda: CV BUDI UTAMA.
Abubakar, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: ALFABETA.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: UNITOMO PRESS.
Susan, S. &. (2022). PERILAKU KONSUMEN SEBAGAI DASAR UNTUK MERANCANG STRATEGI PEMASARAN. Yogyakarta: ANDI.
Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. Yogyakarta: ANDI.
Afiqotul Fitri, M. T. (2018). Pengaruh Suasana Toko, Keragaman Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Koperasi Karyawan Mustikatama Di Lumajang. PROGRESS Conference.
Pradana, T. A. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Conscience Rooftop Bandung . e-Proceeding of Manahement, 859.
Desilan Tansala, T. W. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Gramedia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis.
Rizqi Febrian, N. H. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Service Excellen, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Warung Makan Ayam Geprek D-ROZZ). e-Jurnal Riset Manajemen.
Kevin Yudira, F. A. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Quality Product, Dan Harga Terhadap Minat Beli Di Pasar Buah Sudirman Kota Pekanbaru. ECOUNTBIS.
Published
2023-10-28
How to Cite
Sofyan, F., Hudzafidah, K., & Pujiastuti, A. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Supermarket Sinar Terang Kota Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(5), 651-660. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i5.1446

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>