Pengukuran dan Perbaikan Kinerja Supply Chain Management Dengan Penerapan SCOR AHP di PT. Eratex Djaja Tbk.

  • Cholilur Rohman Universitas Panca Marga
  • Dwi Iryaning H. Universitas Panca Marga
  • Yustina Suhandini Tj. Universitas Panca Marga
Keywords: Supply Chain Management, Analytical Hierarchy Process (AHP), Objective Matrix (OMAX), Key Performance Indicator (KPI)

Abstract

Struktur supply chain yang kompleks dan melibatkan banyak pihak baik internal maupun eksternal perusahaan akan menimbulkan permasalahan jika pihak perusahaan tidak mengetahui bagaimana kinerja supply chain telah tercapai. Supply chain yang dilakukan dengan baik dapat  menghasilkan produk yang murah, berkualitas, dan cepat. Pada tugas akhir ini dilakukan pengukuran terhadap kinerja supply chain dengan penerapan metode supply chain operation reference (SCOR) dan analytical hierarchy process (AHP).

SCOR mendefinisikan metrik-metrik yang sesuai dengan kondisi real perusahaan      yang terdapat 3 metrik yang diukur yaitu reliability, responsiveness, flexibility, dan mencari bobot kriteria menggunakan AHP serta scoring system dengan OMAX untuk mengetahui nilai performa tiap indikator.

Dari 20 Key Performance Indicator (KPI) yang teridentifikasi terdapat 3 KPI yang berwarna merah (buruk), 6 KPI yang berwarna kuning (baik), dan 11 KPI yang berwarna hijau (sangat baik). Hasil scoring dengan menggunakan objective matrix (OMAX) diperoleh nilai kerja sebesar 6,429 nilai index tersebut dalam kategori kuning (baik) sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja PT. Eratex Djaja Tbk. secara keseluruhan sudah baik. Namun, perlu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kinerja PT. Eratex Djaja Tbk. tersebut.

Published
2022-06-07