Submission

Login atau Register untuk membuat submission.

 

Daftar Persiapan Pengajuan

Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis dimohon untuk memeriksa penyesuaian artikel dengan poin-poin berikut. Kiriman dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.

  • Artikel belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau tidak sedang dipertimbangkan oleh jurnal lain (atau penjelasan diberikan di Comments to the Editor).
  • File pengiriman dalam format file dokumen Microsoft Word.
  • Teksnya satu spasi; menggunakan font Century Schoolbook size 10; tidak menggarisbawahi (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.

Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis yang dapat ditemukan di About Journal.

 

Pedoman Penulis

Artikel berupa Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, dan jika artikel anda tidak dapat dipahami, artikel tersebut akan ditolak. Jika Bahasa Indonesia bukan bahasa asli anda, anda harus mencari bantuan dari editor bahasa atau penerjemah profesional. 

1. Pedoman Penulis Umum 

Semua artikel harus diserahkan ke Redaksi JISE menggunakan Online Submission di alamat portal E-Journal: 

https://ejournal.upm.ac.id/index.php/jurnalteknikindustri/about/submissions

Dimana penulis mendaftar sebagai author dalam open journal system. Apabila penulis memiliki masalah dengan pengiriman online, silakan hubungi Kantor Redaksi di email berikut: jiseupm@gmail.com

Tiga Artikel dapat diterima untuk diterbitkan: Original Research Articles, Case Study, dan Review Articles (tidak disarankan, berdasarkan undangan).

2. Template Artikel

Artikel harus disiapkan sesuai dengan pedoman penulis berikut dalam template artikel MS Word (.docx, .doc): Template .

3. Review Artikel

Setidaknya dua peninjau secara independen meninjau setiap artikel yang dikirimkan. Keputusan publikasi, perubahan, atau penolakan didasarkan pada laporan/rekomendasi mereka dan dibuat oleh editor. Jika dua atau lebih peninjau menganggap artikel tidak layak untuk dipublikasikan di jurnal ini, pernyataan yang menjelaskan dasar keputusan tersebut akan dikirimkan kepada penulis dalam waktu tiga bulan sejak tanggal pengiriman.

4. Revisi Artikel

Artikel yang dikirim kembali ke penulis untuk direvisi harus dikembalikan ke editor tanpa penundaan. Artikel yang telah direvisi dapat dikirim ke redaksi melalui Online Submission Interface (https://ejournal.upm.ac.id/index.php/jurnalteknikindustri/workflow/index). Artikel revisi yang dikembalikan lebih dari tiga bulan akan dianggap sebagai kiriman baru.

5. Pedoman Pengajuan Online

Penulis harus terlebih dahulu mendaftar sebagai Author melalui alamat berikut:

https://ejournal.upm.ac.id/index.php/jurnalteknikindustri/user/register?source=

Penulis harus mengisi formulir sedetail mungkin di mana formulir bertanda bintang wajib diisi. Setelah semua kotak teks formulir diisi, penulis mengklik tombol “Register” untuk melanjutkan pendaftaran. Kemudian, penulis dibawa ke online author submission interface di mana penulis harus mengklik "Make a New Submission" : untuk menuju ke langkah pertama dari lima langkah proses submit artikel. Berikut adalah lima langkah dalam proses pengajuan online:

Langkah 1 – Start : Author harus menyetujui semua syarat pada “Submission Requirements”. Kemudian memberikan komentar kepada Editor pada kolom Comments for the Editor, jika perlu. Kemudian klik “Save and continue” untuk menuju ke langkah selanjutnya.

Langkah 2 – Upload Submission : Terdapat 3 tahapan dalam upload submission. Pertama, author memilih komponen artikel yang diinginkan, misalnya penulis dapat memilih article text, kemudian klik upload file untuk mengupload file dokumen Artikel (.doc/.docx) yang akan dikirimkan, selanjutnya klik tombol "continue". Tahapan kedua, pada Review Details, Author dapat mengubah judul dari artikel yang akan dikirimkan dengan mengklik “edit”, kemudian klik “continue”. Pada tahapan ketiga, author dapat menambahkan file lain, apabila diperlukan, kemudian klik tombol “complete”. Setelah itu klik tombol “save and continue”.

Langkah 3 – Enter Metadata : Pada langkah ini, metadata penulis secara terperinci harus dimasukkan, termasuk penulis koresponden yang ditandai. Judul artikel dapat dimasukkan pada kolom “Title”, abstrak harus diunggah dengan menyalin teks dan menempelkannya ke dalam kolom “Abstract”, termasuk kata kunci pada kolom yang dimasukkan ke dalam kolom “Additional Refinements Keywords”. Untuk menambahkan contributor, klik “add contributor”, kemudian isi semua data contributor.

Langkah 4 – Confirmation : Penulis harus memeriksa kembali dokumen artikel yang akan diunggah. Untuk submit artikel ke Journal of Industrial System Engineering, klik tombol “Finish Submission”. Apabila semua langkah telah terisi dengan benar, silahkan klik “OK” untuk mengkonfirmasi. Selanjutnya, penulis koresponden atau kontak utama akan menerima pemberitahuan melalui email.

Langkah 5 – Next Steps : Artikel anda telah berhasil diunggah. Selanjutnya anda dapat memilih untuk review submission, membuat submission baru, atau kembali ke halaman utama.

Setelah penyerahan ini, penulis yang mengirimkan artikel akan mendapatkan email konfirmasi tentang penyerahan tersebut. Oleh karena itu, penulis dapat melacak status kiriman mereka kapan saja dengan masuk ke online submission interface. Pelacakan kiriman mencakup status tinjauan artikel dan proses editorial. 

6. Pedoman Penyusunan Artikel

Journal of Industrial System Engineering menerima artikel dalam Original Research Articles, Case Study, dan Review Articles.

Original Research Articles

Original research article adalah artikel yang membahas penelitian secara terperinci dan diklasifikasikan sebagai literatur utama. Formatnya meliputi pendahuluan dan latar belakang masalah, metode, hasil, interpretasi temuan, dan bagian diskusi. 

Review Articles

Review article adalah artikel yang membahas tentang situasi terkini mengenai topik-topik penting tertentu pada lingkup jurnal. Membahas perkembangan sebelumnya dari topik dan memberikan gambaran tentang masa depan. Secara umum, artikel ulasan biasanya panjang, tergantung pada kasus yang ditinjau.  

Case Study

Case study adalah artikel yang disusun oleh penulis yang menyajikan rincian kasus unik pada lingkup jurnal. Kasus-kasus tersebut biasanya yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pengetahuan di lapangan. Artikel ini diharapkan dapat membahas tentang tanda, gejala, diagnosis, dan pemecahan masalah. 

 

FORMAT ARTIKEL

Artikel harus diunggah ke sistem Journal of Industrial System Engineering dan disusun dalam format standar penulisan Journal of Industrial System Engineering, seperti Judul, Penulis, Alamat dan Email, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Saran, dan Daftar Pustaka.  Artikel tidak perlu diberi penomoran halaman, dapat dituliskan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Banyak halaman maksimal 15 halaman dengan format halaman A4 (210mm x 297mm)-single-sided papers, font Century Schoolbook 10pt. Margin atas adalah 3 cm, kiri, bawah, dan kanan 3 cm. Panjang halaman maksimal 15 halaman.

Judul Artikel

Judul yang ditulis harus menggunakan kata yang spesifik dan jelas (Maksimal 15-20 kata, Font Century Schoolbook 14pt, Bold).

Penulis

Artikel memiliki penulis utama dan rekan penulis dengan format nama lengkap penulis dan rekan penulis (tanpa singkatan), font Century Schoolbook 11 pt. Mencantumkan alamat dan alamat email dengan jelas dengan ukuran font 9pt.

Abstrak

Abstrak harus berisi tentang deskripsi topik penelitian, scope penelitian, tujuan, hasil dan kesimpulan. Abstrak harus sepanjang 100 hingga 200 kata. Isi abstrak menggunakan Century Schoolbook 10pt. Tidak boleh ada kutipan buku atau artikel penelitian.

Kata Kunci

Kata kunci harus menghindari istilah umum dan jamak dan banyak konsep. Gunakan kata kunci yang berhubungan dengan judul artikel, maksimal menggunakan 6 kata kunci. Kata kunci ini akan digunakan untuk tujuan pengindeksan. Kata kunci tidak boleh lebih dari 5 kata atau frasa dalam urutan abjad.

1. Pendahuluan

Pendahuluan harus memberikan latar belakang yang jelas, pernyataan masalah yang jelas, literatur yang relevan tentang subjek, pendekatan atau solusi yang diusulkan, dan nilai baru penelitian yang merupakan inovasi. Pendahuluan harus dapat dimengerti oleh pembaca dari berbagai disiplin ilmu. Pendahuluan harus ditulis dalam 600-1000 kata. 

2. Metode

Menjelaskan kronologis penelitian, meliputi desain penelitian, prosedur penelitian (dalam bentuk algoritma, Pseudocode atau lainnya), cara pengujian dan perolehan data. Uraian jalannya penelitian harus didukung dengan referensi, sehingga penjelasannya dapat diterima secara ilmiah. Harus memberikan gambaran yang jelas tentang prosedur eksperimental, dan alas an di balik pilihan metode eksperimental tertentu. Bahan dan metode harus ditulis dalam 400-600 kata. 

3. Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan harus mencakup temuan, perbandingan dengan penelitian sebelumnya, keterbatasan pekerjaan anda, argumen kausal, spekulasi, dan argumen deduktif. Hasil dapat disajikan dalam bentuk gambar, grafik, tabel, dan lain-lain yang membuat pembaca mudah memahami. Pembahasan dapat dilakukan dalam beberapa sub bab. Satuan ukuran yang digunakan harus mengikuti sistem internasional yang berlaku. 

4. Kesimpulan

Kesimpulan harus mencakup ringkasan keseluruhan dan penelitian lebih lanjut. Kesimpulan dituliskan dalam bentuk narasi dan bukan dalam bentuk bullet ataupun numeral. Kesimpulan dituliskan dengan 70 sampai 150 kata.

5. Saran

Saran dari penelitian anda ditulis dalam bentuk narasi dan berisi tentang rekomendasi atas penelitian yang dilakukan atau masukan yang dapat digunakan langsung. Saran dituliskan maksimal dalam 150 kata.

6. Daftar Pustaka

Daftar pustaka harus urut alphabet dari nama pengarang dan urutan penerbitan untuk nama pengarang yang sama. Urutan penulisan daftara pustaka adalah nama pengarang, tahun publikasi, judul ataupun sumber. Nama jurnal, nama konferensi, proceeding dan judul buku harus ditulis dalam italics dan tiap huruf pertama pada judul yang bukan merupakan kata sambung ataupun artikel, ditulis dengan huruf capital. Tidak boleh mencantumkan daftar pustaka yang tidak pernah digunakan sebagai acuan dalam penulisan Artikel. Apabila penulis lebih dari tiga, gunakanlah nama pengarang utama dan ‘et al.’ untuk mengacu pada penulis yang lain pada referensi yang sama. Daftar pustaka minimal berjumlah 15 dan harus up to date (maksimal 10 tahun ke belakang). 

Contoh:

Arora, S., Brintrup, (2021). How does the position of firms in the supply chain affect their performance? An empirical study. Applied Network Science 6,(19), https://doi.org/10.1007/s41109-021-00364-9

Brintrup, A., Wang, Y., and Tiwari, A., (2015) Supply Networks as Complex Systems: A Network-Science-Based Characterization, IEEE Systems Journal, 11(4), pp. 1-12.

7. Lampiran

Jika artikel menyediakan lampiran

Nomenklatur dan Unit

Harap diperhatikan bahwa semua terminologi dan notasi yang digunakan akan dipahami secara luas. Singkatan dan akronim harus dieja secara lengkap pada kemunculan pertama mereka dalam teks.

Satuan SI sangat disarankan. Jika satuan non-SI harus digunakan, persamaan SI (atau faktor konversi) juga harus diberikan. Silakan gunakan ejaan 'liter' dan 'meter' ('meter' adalah alat ukur).

Harap gunakan titik desimal daripada koma dalam angka (yaitu, 3.142, bukan 3.142).

Tulis persamaan dalam bentuk tak berdimensi atau satuan metrik. Harap gunakan huruf miring untuk menunjukkan variabel (dalam teks atau persamaan yang ditampilkan).

8. Gambar

Semua gambar harus diposisikan dengan benar saat disematkan dalam file Word anda.  Gunakan resolusi minimal 220 dpi. Gambar harus diberi penomoran secara berurutan, diberikan keterangan di bawah gambar, dan diletakkan di tengah halaman (center alignment). Semua keterangan yang menyertai ditulis dengan huruf besar di awal saja. Gambar tidak perlu dibingkai.

9. Tabel

Harap kirimkan tabel sebagai teks yang dapat diedit dan bukan sebagai gambar. Beri nomor tabel secara berurutan berdasarkan penampilannya dalam teks dan diletakkan di pinggir kiri (left alignment) halaman. Keterangan pada tabel dituliskan di atas tabel. Font penulisan dalam tabel ditulis dengan Century Schoolbook 10pt. Harap hindari menggunakan garis vertikal. 

Penulis harus mengacu pada Journal of Industrial System Engineering untuk format dan gaya penulisan (Template). Ini akan memastikan pemrosesan dan publikasi yang cepat. Artikel yang tidak memenuhi persyaratan berdasarkan pedoman kepada penulis tidak akan diproses.

10. Cover Artikel

Penulis harus membuat cover artikel. Cover artikel adalah gambar yang menjelaskan isi artikel. Resolusi gambar minimum adalah 220 dpi. Jenis file gambar adalah png atau jpg. Cover artikel diunggah dalam metadata artikel. 

 

Bahasa (Layanan Penggunaan dan Pengeditan)

Anda dapat menuliskan teks anda dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Harap gunakan tata bahasa yang baik dan benar.

 

Mempersiapkan Artikel Anda

Sebelum mengirimkan Artikel anda ke Journal of Industrial System Engineering (JISE), sangat disarankan untuk melakukan evaluasi terlebih dahulu menggunakan Manuscript Readiness Index (MRI) , sebuah instrumen yang kami kembangkan untuk membantu Anda mendapatkan waktu yang efektif dalam proses peer-review. .

 

Hak Cipta & Lisensi

Silakan temukan hak cipta dan lisensi di Journal of Industrial System Engineering dengan mengirimkan artikel, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan penandatanganan dokumen khusus.

1. Lisensi

Penggunaan artikel akan diatur oleh lisensi Creative Commons Attribution seperti yang saat ini ditampilkan pada  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

2. Garansi Penulis

Penulis menjamin bahwa artikel adalah asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya (kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, review, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan. Harap baca dengan baik juga kebijakan posting artikel anda oleh Journal of Industrial System Engineering di  tautan ini ), tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, rekan penulisnya mengizinkan mereka untuk masuk ke dalam pengaturan ini, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang diberikan secara eksklusif di penulis dan bebas dari hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.

3. Hak Pengguna/Publik

Journal of Industrial System Engineering menyebarluaskan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons,  Journal of Industrial System Engineering mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, mengkombinasi, mengubah, dan membangun materi untuk tujuan apa pun. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan  Journal of Industrial System Engineering untuk mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya. Kecuali dinyatakan lain, penulis adalah entitas publik segera setelah artikel mereka diterbitkan.

Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung anda atau penggunaan anda.

Berbagi Serupa — Jika anda mengkombinasi, mengubah, atau membangun materi, anda harus mendistribusikan kontribusi anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.

4. Hak Penulis

Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, seperti (tetapi tidak terbatas pada) hak-hak berikut;

  • Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten
  • Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan sendiri, termasuk kuliah dan buku
  • Hak untuk mereproduksi artikel untuk tujuannya sendiri
  • Hak untuk mengarsipkan artikel secara pribadi (harap baca Kebijakan Posting Artikel Anda)

5. Co-Authorship

Jika lebih dari satu penulis bersama-sama menyiapkan artikel, setiap penulis yang mengirimkan Artikel menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan hak cipta dan lisensi (perjanjian) ini atas nama mereka dan setuju untuk menginformasikannya rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Journal of Industrial System Engineering tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Journal of Industrial System Engineering hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan.

6. Royalti

Menjadi jurnal dengan akses terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah persyaratan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Journal of Industrial System Engineering memberikan hak kepada penulis untuk tidak mendapatkan royalti atau biaya lainnya.

7. Lain-lain

Journal of Industrial System Engineering akan menerbitkan artikel (atau menerbitkannya) di jurnal jika proses editorial artikel selesai. Redaksi Journal of Industrial System Engineering dapat memodifikasi artikel dengan gaya tanda baca, ejaan, kapitalisasi, referensi, dan penggunaan yang dianggap tepat. Penulis mengakui bahwa artikel dapat diterbitkan agar dapat diakses oleh publik, dan akses tersebut akan diberikan secara cuma-cuma bagi para pembaca, sebagaimana disebutkan pada poin 3.