Evaluasi Jadwal Perawatan Mesin Dalam Perbaikan Perawatan Mesin Jeanologia Laser Dengan Pendekatan Integrasi (Studi Kasus : Departement Laundry PT. Eratex Djaja)

  • Izzudin Djamil Universitas Panca Marga
  • Mustakim Mustakim Universitas Panca Marga
  • Yustina Suhandini Tj. Universitas Panca Marga
Keywords: Failure Mode and Effect Analysis, Reliability Cencetered Maintenance, Risk Based Maintenance, Overall Equipment Effectiveness

Abstract

PT. Eratex Djaja merupakan perusahaan Garment. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan merupakan pakaian jadi. Kegiatan maintenance yang ada di PT. Eratex Djaja terbagi menjadi dua, yaitu preventive maintenance serta kegiatan corrective maintenance yang dilakukan jika mesin mengalami kegagalan fungsi. diperlukan kegiatan pecegahaan untuk meningkatkan reliabilitas mesin. Metode yang dilakukan adalah Reliability Centered Maintenance dan Reliability Based Maintenance Hasil dari analisa ini yaitu sistem elektronik menimbulkan 120 kerusakan, sedangkan pada sistem yang lain masih lebih kecil jumlah kerusakannya. Dalam analisa FMEA terdapat 18 Failure Mode yang dihasilkan, sedangkan dengan metode RBM didapatkan nilai risiko yang diterima PT. Eratex Djaja apabila mesin Jeanologia Laser mengalami kerusakan yaitu sebesar Rp. 491.596.592.

Published
2022-06-07