Analisis Kepuasan Bagian Finishing Terhadap Pelayanan Pengiriman Supply After Wash Dengan Metode ServQual dan QFD

  • Andrie Bagaskara Universitas Panca Marga
  • Yustina Suhandini Tjahjaningsih Universitas Panca Marga
  • Dwi Iryaning Handayani Universitas Panca Marga
Keywords: Garment, Quality Function Deployment (QFD), Service Quality (ServQual), Airing Cost

Abstract

PT. Eratex Djaja Tbk di kota Probolinggo bergerak di bidang Garment yang menghasilkan produk ekspor. Dalam melayani permintaan-permintaan pasar luar negeri PT. Eratex Djaja Tbk dituntut agar pengiriman barang selalu tepat waktu dan komunikasi yang lancar juga hal yeng penting. Pengiriman barang yang tidak tepat waktu bisa berakibat airing cost (biaya pengiriman lewat udara) yang biasanya di karenakan salah satunya keterlambatan mengirim barang setelah cuci ke bagian finishing dan merespond keluhan bagian finishing terhadap barang urgent. Maka dari itu penting untuk dilakukan penelitian tentang kepuasan bagian finishing terhadap pelayanan kondisi saat ini, sehingga metode yang akan di gunakan yaitu metode Quality Function Deployment (QFD) dan Service Quality (ServQual).Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilakukan dengan pengambilan data melalui penyebaran kuisioner. Subjek penelitian adalah bagian finishing di PT. Eratex Djaja Tbk. Hasil penelitian menunjukkan ada kesenjangan antara persepsi dan ekspetasi konsumen yaitu dengan rata-rata persepsi 3.96 dan rata-rara ekspetasi 4.36 nilaiĀ  Gap rata-rata -0.40. maka dapat disimpulkan bahwa semua atribut pelayanan masih di bawah ekspetasi konsumen, hal ini menunjukan konsumen tidak puas dengan pelayanan yang ada.

Published
2022-12-28