Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Online
(Studi Pada Mahasiswa Pengguna Platform Shopee)
Abstract
This research has objective to see the interest students of Panca Marga University Probolinggo in online purchasing of goods on a platform shopee, Respondents from the results of this research is customers using shopee platform as a medium purchase of goods online. The sampling technique used non-probability sampling by distributing questionnaires and interviews as a method of collecting data in this study. The data analysis method uses classical assumptions, multiple linear regression, F test and T test. The results show that the level of product quality has a significant influence on buying interest, Advertising variables do not have a significant effect on Buying Interest, The customer trust variable does not have a significant effect on buying interest on the shopee platform.
Keywords: Product Quality, Advertising, Customer Trust, Buying Interest
References
Darmanto. 2016. Manajemen Pemasaran (Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Yogyakarta: Deepublish.
Febriansyah Dan Khotimah. 2018. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen Dan Kreativitas Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Online-Shop. Jakarta: Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis E-ISSN: 2655-237X.
Fian. 2016. Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya. Surabaya: Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. ISSN: 2461-0593.
Mayasari Dan Patmawati. 2019. Pengaruh Iklan Internet, Celebrity Endorder, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Pada Shopee Di Kota Padang. Padang: Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. P-ISSN: 2086-5031, E-ISSN: 2615-3300.
Moloku, tampi, dan walangitan. 2019. Pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian produk smartphone oppo di IT center manado. Manado: jurnal administrsi bisnis. P-ISSN: 2338-9605, E-ISSN: 2655-206X.
Nasution, Limbong, Dan Ramadhan. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan Dan Harga, Terhadap, Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Labuhan Batu: Jurnal Ecobisma. P-ISSN: 2477-6092, E-ISSN: 2620-3391.
Pebrilia, Ramdan, dan Samsudin. 2019. Kekuatan Pengalaman Konsumen dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Toko Handmade Addictive. Sukabumi: E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. ISSN: 2337-3067
Putri, Darwini, dan Dakwah. 2019. Pengaruh Trust dan Easy Of Use Terhadap Minat Beli Ulang Pada Marketplace Shopee di Kota Mataram. Mataram: JRM Vol. 19, No. 1
Sari dan Yasa. 2019. Kepercayaan Pelanggan Di Antara Hubungan Citra Perusahaan Dan Kewajaran Harga Dengan Loyalitas Pelanggan Mapemall.com. Jawa Tengah: Lakeisha.
Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.
Winata dan Nurcahya. 2017. Pengaruh Iklan pada Media Televisi Terhadap Minat Beli (Studi Pada Calon Konsumen Bukalapak.com di Kota Denpasar). Bali: E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6, No. 10, ISSN: 2302-8912