Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Online

(Studi Pada Mahasiswa Pengguna Platform Shopee)

  • Dedi Joko Hermawan Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

This research has objective to see the interest students of Panca Marga University Probolinggo in online purchasing of goods on a platform shopee, Respondents from the results of this research is customers using shopee platform as a medium purchase of goods online. The sampling technique used non-probability sampling by distributing questionnaires and interviews as a method of collecting data in this study. The data analysis method uses classical assumptions, multiple linear regression, F test and T test. The results show that the level of product quality has a significant influence on buying interest, Advertising variables do not have a significant effect on Buying Interest, The customer trust variable does not have a significant effect on buying interest on the shopee platform.

 Keywords: Product Quality, Advertising, Customer Trust, Buying Interest

References

Alma, Buchari. 2019. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta cv.
Darmanto. 2016. Manajemen Pemasaran (Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Yogyakarta: Deepublish.
Febriansyah Dan Khotimah. 2018. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen Dan Kreativitas Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Online-Shop. Jakarta: Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis E-ISSN: 2655-237X.
Fian. 2016. Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya. Surabaya: Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. ISSN: 2461-0593.
Mayasari Dan Patmawati. 2019. Pengaruh Iklan Internet, Celebrity Endorder, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Pada Shopee Di Kota Padang. Padang: Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. P-ISSN: 2086-5031, E-ISSN: 2615-3300.
Moloku, tampi, dan walangitan. 2019. Pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian produk smartphone oppo di IT center manado. Manado: jurnal administrsi bisnis. P-ISSN: 2338-9605, E-ISSN: 2655-206X.
Nasution, Limbong, Dan Ramadhan. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan Dan Harga, Terhadap, Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Labuhan Batu: Jurnal Ecobisma. P-ISSN: 2477-6092, E-ISSN: 2620-3391.
Pebrilia, Ramdan, dan Samsudin. 2019. Kekuatan Pengalaman Konsumen dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Toko Handmade Addictive. Sukabumi: E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. ISSN: 2337-3067
Putri, Darwini, dan Dakwah. 2019. Pengaruh Trust dan Easy Of Use Terhadap Minat Beli Ulang Pada Marketplace Shopee di Kota Mataram. Mataram: JRM Vol. 19, No. 1
Sari dan Yasa. 2019. Kepercayaan Pelanggan Di Antara Hubungan Citra Perusahaan Dan Kewajaran Harga Dengan Loyalitas Pelanggan Mapemall.com. Jawa Tengah: Lakeisha.
Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.
Winata dan Nurcahya. 2017. Pengaruh Iklan pada Media Televisi Terhadap Minat Beli (Studi Pada Calon Konsumen Bukalapak.com di Kota Denpasar). Bali: E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6, No. 10, ISSN: 2302-8912
Published
2021-09-30
How to Cite
Hermawan, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Online. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 9(2), 100-110. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v9i2.848