Pengaruh Celebrity Eendorser, Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Pada PT. Surya Inti Putra Pahlawan Kota Probolinggo

  • Hikmatul Hasanah Universitas Panca Marga
  • Muhammad Syarif Hidayatullah Elmas Universitas Panca Marga
  • Agustina Pujiastutik Universitas Panca Marga
Keywords: Celebrity Endorser, Brand Image, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian dilakukan di PT. Surya Inti Putra Inti Pahlawan Kota Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Kota Probolinggo.Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan hubungan kausal, dengan variabel X1 Celebrity Endorser, variabel X2 Brand Image, variabel X3 Promosi dan Variabel Y Keputusan Pembelian. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling, yaitu sampling jenuh dengan jumlah sampel 66 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah uji regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Celebrity Endorser berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Pada PT. Surya Inti Putra Pahlawan (2) Brand Image berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Pada PT. Surya Inti Putra Pahlawan (3) Promosi berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Pada PT.Surya Inti Putra Pahlawan.

References

Alma, Buchori. 2014. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABETA.
Andrianto Nur F, Sutrasmawati E. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy Series. Jurnal Manajemen: Volume 5, Nomer 2, Juni 2016 Semarang. ISSN: 2252-6552. http.// maj. Unnes.ac.id
Bramantiya Yan B, Jatra M. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter MX Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen: Volume 5, Nomer 3. ISSN: 2302-8912. e-mail: bayubramantya@ymail.com
Chew W dan Tai J. 2012. Brand Manajement 13 Strategi Untuk Mengembangkan Merek Anda. Jakarta: INDEKS.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Bandung: ALFABETA.
Dianah N dan Welsa H. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Citak Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiomi Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen: Volume 7, Nomer 1, Juni 2017 Yogyakarta. ISSN: 2541-4348. Korespondensi: nurdianah95@gmail.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariaten Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haris, Abdul. 2016. Manajemen Pemasaran, Tinjauan Teoritis dan Praktik. Malang: Surya Pena Gemilang.
Harjanto R, Prayitno S. 2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Depok: Raja Grafindo Persada.
Herdiana Abdurrahman, Nana . 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung Pustaka Setia.
Nurhayat, Siti. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Hanphone Samsung di Yogyakarta. Jurnal Manajemen: Volume 4, Nomer 2, 2 September 2017 Yogyakarta. ISSN: 2252-5483. e-mail: sitinurhayati_27@yahoo.co.id
Rangkuti, Freddy. 2013. Customer Service Satisfaction & Call Center. Jakarta Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sunyoto, Danang. 2011. Metodologi Penelitian Ekonomi Alat Statistik & Analisis Output Komputer. Yogyakarta: CAPS.
Shimp, Terence A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan Dan Promosi. Bandung: Salemba Empat.
Swasty, Wirania.2016. Branding Memahami dan Merancang Strategi Merek. Bandung: Remaja Rodaskarya.
Wiratna, Sujarweni. 2015. Metodelogi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.
Published
2023-02-28
How to Cite
Hasanah, H., Elmas, M., & Pujiastutik, A. (2023). Pengaruh Celebrity Eendorser, Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Pada PT. Surya Inti Putra Pahlawan Kota Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(1), 31-40. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i1.1343

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.