Pengaruh Pelayanan Prima Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian UPC Dringu Kabupaten Probolinggo

  • Yunita Indriani Universitas Panca Marga
  • Mohammad Saiful Bahri
  • Agung Yatiningrum
Keywords: Pelayanan Prima, Harga, Kepuasan Nasabah

Abstract

Kepuasaan nasabah dapat terwujud secara maksimal apabila pelayanan dan penetapan harga terpenuhi dengan baik akan sebanding dengan manfaat yang diterima nasabah sehingga tercipta kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk pengetahui pengaruh pelayanan prima dan harga secara parsial terhadap kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian UPC Dringu Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatf kausal, dimana data dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner untuk 81 orang responden dari populasi 419 dengan pendekatan teknik sampling ialah nonprobability sampling yakni sampling purposive. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan diolah dengan metode analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi (R2) dan uji parsial (uji t). Dari hasil pengujian semua instrument data menunjukkan bahwa semua item pernyatan valid dan reliabel serta memenuhi uji-uji instrument yang lain. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pelayanan prima dan harga berpengaruh signifikan kepada kepuasan nasabah secara sendiri-sendiri.

References

Abubakar. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. (2021). Konsumen Dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gaya Media.
Imam Ghozali. (2019). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm Spss 23. Semarang.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Listyowati, Dwi Fadilah, E., & , Rachmawaty Haroen, J. H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Dan Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus Laboratorium Klinik Prodia Cabang Kramat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2.
Maramis, Freekley Steyfli Sepang, Jantje L Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Emba, 8.
Oktaviansyah, R. R. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Service Excellence Terhadap Kepuasan Pelanggan Java Paragon Hotel And Residence. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9.
Rahmayanty. (2020). Manajemen Pelayanan Prima. Graha Ilmu.
Rizka Bayu Aditya. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17.
Sitorus, Marison Dzulfikar, A., & Salsabila, A. (2022). Pengaruh Pelayanan Prima Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Pt. Xyz. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 17.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. (2020). Metodelogi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sujarweni, W. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sunyota. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Caps.
Wiwin Koni, S. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Produk Amanah Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Pt. Pegadaian Syariah Cabang Gorontalo. Islamic Economics And Finance Journal, 1.
Published
2023-04-28
How to Cite
Indriani, Y., Bahri, M., & Yatiningrum, A. (2023). Pengaruh Pelayanan Prima Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian UPC Dringu Kabupaten Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(2), 231-240. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i2.1376

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.