Analisis Metode Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo

  • M. Edi Wiranto Universitas Panca Marga
  • R Hery Koeshardjono Universitas Panca Marga
  • Khusnik Hudzafidah Universitas Panca Marga
Keywords: Balance Scorecard, Pengukuran Kinerja Perusahaan

Abstract

Kinerja Perusahaan yang baik tidak hanya berfokus pada aspek keuangan saja, melainkan juga aspek non keuangan. Balance scorecard merupakan salah satu alat pengukuran kinerja yang memperhatikan kedua aspek tersebut. Tujuan peneliti ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan kinerja perusahaan PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo dengan menggunakan metode balance scorecard sebagai alat pengukuran kinerja, baik secara keuangan maupun non keuangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, variabel yang digunakan perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Data yang digunakan dari tahun 2018-2020. Hasil penelitian menunjukkan perspektif keuangan dinilai kurang baik karena nilai ROA dan ROE masih dibawah standar yang ditentukan. Pada perspektif pelanggan dapat dikatakan cukup baik karena nilai akuisisi pelanggan baik, dan retensi pelanggan cukup baik. Pada perspektif bisnis internal disimpulkan baik karena nilai MERR baik, sedangkan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan nilai retensi karyawan dan produktivitas karyawan yang baik. Sehingga dapat disimpulkan hasil dari keempat perspektif balance scorecard menggambarkan kinerja perusahaan cukup baik.

References

Dwi, Elis Susan, R. Hery Koeshardjono, and Judi Suharsono. 2020. “Penggunaan Metode Balanced Scorecard Dan SWOT Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan Pada CV. Aqsha Kota Probolinggo.” ECOBUS 8(1):46–52.
Garrison, R. H., Noreen, E. w, & Brewer, P. C. (2013). Akuntansi Manajerial (14th ed., Vol. 2). Salemba Empat.
Hansen, D. R., & Mowen, M. M. (2013). Akuntansi Manajerial (8th ed., Vol. 2). Salemba Empat.
Horngren, C. T., Sundem, G. L., Burgstahler, D., & Schatzberg, J. (2016). Pengantar Akuntansi Manajemen. Erlangga.
Luthfi, H. A., Kasnelly, S., & Hamid, A. (2022). Metodologi Penelitian Ekonomi. Insan Cendekia Mandiri.
Mahawati, Eni, Ika Yuniawati, Rolyana Ferinia, and Puspita Puji Rahayu. 2021. Analisis Beban Kerja Dan Produktifitas Kerja. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik (3rd ed.). YKPN.
Pika, P. A. T. P., & Dharmadiaksa, I. B. (2018). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Konsep Balanced Scorecard Pada PT. BPR Sari Sedana. E-Jurnal Akuntansi, 22(2), 1253. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v22.i02.p16
Rahmawati, W. S., & Husain, Moch. D. Ara. (2013). Analisis Penerapan Metode Balanced Scorecarduntuk Mengukur Kinerja Perusahaan. Administrasi Bisnis, 2(1).
Rudianto. 2013. Akuntansi Mnajemen Untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.
Salman, K. R., & Farid, M. (2016). Akuntansi Manajemen Alat Pengukuran dan Pengambilan Keputusan Manajerial. PT. Indeks.
Sedarmayanti, Rusilowati, U., & Sunarsi, D. (2021). Knowledge Management. Cipta Media Nusantara.
Sukamulja, Sukmawati. 2022. Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Investasi. Vol. 1. 1st ed. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Sumarsan, T. (2020). Sistem Pengendalian Manajemen. Campustaka.
Susanto, A. (2014). Manajemen Strategik Komprehensif. Erlangga.
Susanto, B. (2015). Pengukuran Kinerja Organisasi Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT. WIJAYA KARYA BETON Tbk Kantor Cabang Pasuruan). Jurnal Artikel Ilmiah Mahasiswa. Universitas Jember, 1–9.
Tahaka, Y. C. (2013). Penerapan Balanced Scorecard sebagai Alat Ukur Kinerja Pada PT. Bank Sulut. Jurnal EMBA, 1(4), 402–413.
Wahyanto, Tatin, and Sondang Sidabutar. 2022. Strategi Retensi Talenta Dengan Mengelola Peope Equity. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. KENCANA.
Published
2023-09-08
How to Cite
Wiranto, M., Koeshardjono, R., & Hudzafidah, K. (2023). Analisis Metode Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(4), 571-580. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i4.1434

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.