Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kualitas Pelayanan Dan Kedisiplinan Aparatur Pemerintah Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo

  • Mariyatul Ulfa Universitas Panca Marga
  • R Hery Koeshardjono Universitas Panca Marga
  • Yekti Rahajeng Universitas Panca Marga
Keywords: Kecerdasan Emosional, Kuliatas Pelayanan, Kedisiplinan, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Pemerintahan Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo dengan tujuan mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kualitas pelayanan dan kedisiplinan  aparatur pemerintah desa terhadap kepuasan masyarakat dalam memenuhi kepentingan masyarakat Desa Pegalangan Kidul. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan variabel X1 yaitu kecerdasan emosional, variabel X2 yaitu kualitas pelayanan, variabel X3 yaitu kedisiplinan dan variabel Y yaitu kepuasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 68 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling yaitu sampel jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokolerasi, uji regresi linier berganda, uji determinasi, uji T, uji F dan uji Dominan dengan bantuan SPSS 23 untuk membuktikan pengaruh antar variabel independen dan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel kecerdasan emosional, kualitas pelayanan dan kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan masyarakat dalam memenuhi kepentingan masyarakat Desa Pegalangan Kidul. 2) Variabel kecerdasan emosional, kualitas pelayanan dan kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan masyarakat dalam memenuhi kepentingan masyarakat Desa Pegalangan Kidul. 3) Variabel kedisiplinan berpengaruh dominan terhadap kepuasan masyarakat dalam memenuhi kepentingan masyarakat Desa Pegalangan Kidul.

References

Endah, Lulu’ Khairi, & Nanik, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja, Komunikasi Interpersonal Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Business And Accounting Education Journal, BAEJ.
Endah, Lulu’ Khariri, & Nanik, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja, Komunikasi Interpersonal Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Business And Accounting Education Journal, BAEJ.
Hasibuan, S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara.
Janie, D. A. N. (2012). Statistika Deskriptif & Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Semarang University Press.

Karlina, E., & Dkk. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kedisiplinan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3.
Methiana, I. (2019). Pemasaran & Kepuasaan Pelanggan (Pertama). Surabaya: Unitomo Press.
Prasetyo, H. E. (2022). Kinerja Pegawai dengan Dukungan Kecerdasan Emosional dan Kepuasan Kerja. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press.

Sitanggang, R., & Dkk. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Pemecutan Kelod Kota Denpasar. Jurnal Administrasi Publik, 5.
Sudarso, A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Yogyakarta: Deepublish.
Sudaryo, Yoyo; Aribowo, Agus; Sofiati, N. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik.
Sudaryo, Y., Aribowo, A., & Sofiati, N. A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Kompensasi Tidak Langsung Dan Kinerja Fisik. CV Andi Offset.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA Bandung.
Sukmayana, D. (2017). Kepuasan Masyarakat. Yogyakarta: Deepublish.
Sulistyo, I. N. (2020). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis).
Published
2023-04-28
How to Cite
Ulfa, M., Koeshardjono, R., & Rahajeng, Y. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kualitas Pelayanan Dan Kedisiplinan Aparatur Pemerintah Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(2), 261-270. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i2.1384

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.