Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Day Art Probolinggo
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Day Art Probolinggo dengan tujuan untuk menguji pengaruh signifikan antara Lokasi (X1), Harga (X2), dan Kualitas Produk (X3) terhadap Keputusan Pembelian Pada Day Art Probolinggo. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung dan melakukan pembelian kain batik pada Day Art Probolinggo. Sampel yang digunakan yaitu Sampling Isidental yang berjumlah 65 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Data tersebut dianalisis menggunakan IBM SPSS 26 berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis lokasi dengan nilai thitung (2,058) > ttabel (1,999), harga dengan nilai thitung (2,265) > ttabel (1,999), dan kualitas produk dengan nilai thitung (2,672) > ttabel (1,999). Variabel yang dominan adalah Kualitas Produk (X3) yaitu dengan nilai sebesar thitung (2,672) lebih besar dari variabel bebas lainnya.
References
Aprileny, I., Imalia, I., & Emarawati, J. A. (2021). Pengaruh Harga, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pembelian rumah di GRAND NUSA INDAH blok j, cileungsi pada PT. KENTANIX SUPRA INTERNASIONAL). IKRAITH-EKONOMIKA, 4(3), 243–252.
Haris, A. (2016). Manajemen Pemasaran Tinjauan Teoritis dan Praktik. Surya Pena Gemilang.
Hulasoh, E., & Riki, R. (2022). Pengaruh Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Manset Safety di Toko Tawakal Pondok Aren – Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1). https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.97
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Unitomo Press.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (3rd ed.). Salemba Empat.
Marwanto, A. (2015). Marketing Sukses. Kobis.
Minarti, A., & Ginoga, V. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Distro Undersiege Soppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 5(2), 107–114. https://doi.org/10.57093/metansi.v5i2.165
Priantono, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Keramik Viola Kota Probolinggo. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 10(2), 71–80. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v10i2.1115
Sopiah, & Sangadji, E. M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan) (1st ed.). Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Supartono. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pasar Batik Trusmi Kabupaten Cirebon. Jurnal Terapan Ilmu Pengetahuan, 1(1), 76–84.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian . Andi Offset.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran - Prinsip dan Penerapan. Andi Offset.