Pengaruh Customer Experience, Servicescape Dan Destination Image Terhadap Revisit Intention Di Pantai Bahak Indah Tongas Kabupaten Probolinggo

  • Sasmita Sasmita Universitas Panca Marga
  • Muhammad Syarif Hidayatullah Elmas
  • Seger Priantono Universitas Panca Marga
Keywords: Customer Experience, Servicescape, Destination Image, Revisit Intention

Abstract

Penelitian berlangsung di Pantai Bahak Indah Tongas Kabupaten Probolinggo guna untuk mengetahui pengaruh customer experience, servicescape, dan destination image secara simultan, parsial dan dominan terhadap revisit intention di Pantai Bahak Indah Tongas Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian dalam penelitianini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan hubungan kausal. Memiliki dua variabel atau atribut yaitu atribut bebas dan terikat. Atribut bebas yang terdiri dari customer experience, servicescape dan destination image, sedangkan atribut terikat yaitu revisit intention. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang sudah mengunjungi Pantai Bahak Indah Tongas Kabupaten Probolinggo pada tanggal 12 Februari – 15 Maret 2023, sebanyak 106 pengunjung. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik sampling purposive. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dokumentasi dan diolah dengan metode analisis data berupa uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara customer experience (X1), servicescape (X2), destination image (X3) secara simultan terhadap revisit intention (Y) dimana diperoleh nilai Fhitung = 51,289. Lalu dari uji parsial menunjukkan bahwa variabel customer experience (X1) berpengaruh signifikan terhadap revisit intention (Y) dengan thitung = 2,120, variabel servicescape (X2) berpengaruh signifikan terhadap revisit intention (Y) dengan thitung = 6,328 dan variabel destination image (X3) berpengaruh signifikan terhadap revisit intention (Y) dengan thitung = 2,242.

References

Cetin, G., & Walls, A. (2016). Understanding the Customer Experiences from the Perspective of Guests and Hotel Managers: Empirical Findings from Luxury Hotels in Istanbul, Turkey. Journal of Hospitality Marketing & Management, 25(4), 395–424. https://doi.org/10.1080/19368623.2015.1034395
Dewi, P. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata (1st ed.). Deepublish.
Elmas, M. S. H. (2019). The Influence Of Green Marketing, Attribute Tourism Products, E-Wom The Visit Decision. International Journal of Social Science and Business, 3(1), 46. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i1.17254
Evelyna, F. (2022). Pengaruh Servicescape, Social Media Marketing dan Customer Experience terhadap Minat Berkunjung Kembali (Revisit Intention) pada Objek Wisata Rahayu River Tubing di Kabupaten Kebumen . JBMA : Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi , IX(2).
Fatimah, S. (2019). Analisis Pengaruh Citra Destinasi dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali. Majalah Ilmiah Bahari Jogja (MIBJ), 17 . No, 2. https://doi.org/10.33489/mibj.v17i2.207
Kim, W. G., & Moon, Y. J. (2009). Customers’ cognitive, emotional, and actionable response to the servicescape: A test of the moderating effect of the restaurant type. International Journal of Hospitality Management, 28(1), 144–156. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2008.06.010
Kozak. (2013). Aspects of Tourist Behavior. Cambridge Scholars Publishing.
Kusumah, A. H. G., Abdullah, Turgarini, Ruhimat, Ridwanudin, & Yuniawati. (2021). Promoting Creative Tourism: Current Issue in Tourism Research. CRC Press.
Masykur, F., Widiartanto, & Saryadi. (2022). PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN FASILITAS WISATA TERHADAP REVISIT INTENTION (Studi Pada Pengunjung Wisata Alam Seroja di Kabupaten Wonosobo). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2).
Omar, Y. A., Amri, A., & Hasani, M. H. (2021). The Impact of Social Media, Customer Experience and Servicescape on The Revisit Intention in Marine Tourism (A Case Study on Akkarena Beach, Makassar) . Jurna Panggowa, 1(1).
Rageh, A., Melewar, T. C., & Woodside, A. (2013). Using netnography research method to reveal the underlying dimensions of the customer/tourist experience. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(2), 126–149. https://doi.org/10.1108/13522751311317558
Seligmen, J. (2018). Customer Experience Management. Lulu.com.
Seoherman, B. (2016). Exist Or Extinct. Elex Media Kumpotindo.
Srisuliswati, Kusumah, Budi, & Haryanto. (2022). Manajemen Pariwisata (Pertama). Penerbit Widana.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); Pertama). Alfabeta, CV.
Trimurti, & Utama. (2020). Pengembangan Destinasi dalam Prespektif Motivasi Berwisata. Deepublsih.
Utama, I. P. H. B., & Giantari, I. G. A. K. (2020). PERAN CITRA DESTINASI MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN (Studi Pada Obyek Wisata Taman Edelweis Bali). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1230. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i04.p01
Yuniawati, Y., & Finardi. (2016). Pengaruh Customer Experience Terhadap Revisit Intention di Taman Wisata Aalam Gunung Tangkuban Perahu. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, VI(1).
Published
2023-04-28
How to Cite
Sasmita, S., Hidayatullah Elmas, M., & Priantono, S. (2023). Pengaruh Customer Experience, Servicescape Dan Destination Image Terhadap Revisit Intention Di Pantai Bahak Indah Tongas Kabupaten Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(2), 181-190. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i2.1354

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>