Pengaruh Brand Ambassador Dan Citra Merek Terhadap Keputusaan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Surya Inti Putra Pahlawan Kota Probolinggo

  • Diana Supriyantika Dewi Universitas Panca Marga
  • Seger Priantono Universitas Panca Marga
  • Elok Dwi Vidiyastutik Universitas Panca Marga
Keywords: Brand Ambassador, Citra Merek, Keputusaan Pembelian

Abstract

Semakin ketatnya pesaingan bisnis saat ini, maka perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dalam memasarkan produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh Brand Ambassador Dan Citra Merek Terhadap Keputusaan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Surya Inti Putra Pahlawan Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan tidak diketahui, dengan tehnik pengamblan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling sebanyak 96 sampel. Metode analisis data berupa uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolonialitas, uji heterkedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, analisis determinasi (R2), uji t (parsial). Hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara brand ambassador dan citra merek terhadap keputusaan pembelian sepeda motor yamaha pada surya inti putra pahlawan kota probolinggo. (2) Ada pengaruh pengaruh signifikan antara brand ambassador terhadap keputusaan pembelian sepeda motor yamaha pada surya inti putra pahlawan kota probolinggo.

 

References

Alfiah, Ayu, Atep Suhendar, and Muhammad Yusuf. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco Di CV Indosanjaya Kota Bandung.” SEIKO : Journal of Management & Business 6(1):492–503. doi: 10.37531/sejaman.v6i1.3926.
Andrianto, Nur Faiz, Endang Sutrasmawati, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, and Info Artikel. 2016. “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Pada Proses Keputusan Pembelian.” Management Analysis Journal 5(2):104–9.
Ani, Jilhansyah, Bode Lumanauw, and Jeffry L. A. Tampenawas. 2021. “Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado.” Jurnal EMBA 9(2):663–74.
Apriany, Ade, and Gen Gen Gendalasari. 2022. “Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK SUMMIT.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 10(1):105–14. doi: 10.37641/jimkes.v10i1.1278.
Ekasari, Ratna, and Erni Dwi Mandasari. 2021. “Iqtishadequity Pengaruh Kualitas Produk , Digital Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Pixy Di Kabupaten Sidoarjo.” IQTISHADequity 4(1):1–10.
Ferdiana Fasha, Anisha, Muhammad Rezqi Robi, and Shindy Windasari. 2022. “Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(1):30–42. doi: 10.38035/jmpis.v3i1.840.
Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk Dan Merek. pertama. Surabaya: Qiara Media.
Ghadani, Amelia, Ani Muwarni Muhar, and Ade Indah Sari. 2022. “Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Dengan Mediasi Brand Awareness.” Insight Management Journal 2(3):110–18. doi: 10.47065/imj.v2i3.200.
Herawati, Herawati, and Angga Sanita Putra. 2023. “Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic.” Journal on Education 5(2):4170–78. doi: 10.31004/joe.v5i2.1115.
Jansen, Ferlita Yulia, Frederik G. Worang, and Fitty V Arie. 2022. “Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat 2019-2020 the Effect of Brand Equity , Brand Image , and Product Quality on Consumer Purchase Decisions on Samsung Smartphone Products on Students of the Fac.” Jurnal EMBA 10(1):279–88.
Lia, Ade, Ibdalsyah Ibdalsyah, and Hilman Hakiem. 2021. “Pengaruh Persepsi Konsumen, Labelisasi Halal Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Skincare SR12.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 5(2):263–73. doi: 10.47467/elmal.v5i2.788.
Methiana, Indrasari. 2019. Pemasaran & Kepuasaan Pelanggan. Pertama. Surabaya: Unitomo Press.
Refauzi, Kevin. 2022. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung Galaxy S Series 1.” NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9(8):3010–22.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: PustakaBaruPress.
Sujarweni, V. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: PustakaBaruPress.
Sujarweni, V. 2020. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: PustakaBaruPress.
Swasty, Wirania. 2016. Branding Memahami Dan Merancang Srategi Merek. Pertama. Bandung: PT. Rosdakarya.
Tambirang, Carolina Ivana, Silvya L. Mandey, and Imelda W. J. Ogi. 2021. “Pengaruh Pemasaran Online, Food Quality, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Bensu Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas SAM Ratulangi Manado.” Jurnal EMBA 9(4):274–83.
Ummat, Rohmatul, and Kristina Anindita Hayuningtias. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan 4(6):2279–91.
Yuswanda, Andika. 2022. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor.” Journal of Accounting Taxing and Auditing (JATA) 3(2):27–41.
Published
2023-10-28
How to Cite
Dewi, D., Priantono, S., & Vidiyastutik, E. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Citra Merek Terhadap Keputusaan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Surya Inti Putra Pahlawan Kota Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(5), 621-630. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i5.1441

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>