Pengaruh Harga, Pelayanan Prima Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IX

  • wiwik hidayati universitas panca marga
  • Muhammad Syarif Hidayatullah Elmas universitas panca marga
  • Raihan Wishal Nafis universitas panca marga
Keywords: Harga, Pelayanan Prima, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Transportasi artinya pemindahan ataupun pengantar manusia asal satu daerah ke lain daerah dengan tujuan yang telah ditentukan. Adapun yang dapat membuat loyalitas pelanggan, perusahaan dituntut untuk buat memberi harga, pelayanan prima serta kepuasan pelanggan. Variabel Pengaruh terdiri dari X1 Harga, X2 Pelayanan Prima, X3 Kepuasan Pelanggan sedangkan variabel terikatnya yaitu Y Loyalitas Pelanggan. Populasi yang terdapat pada  percobaan ini ialah pengguna transportasi Kereta Api DAOP IX  yang ditempuh pada dua bulan terakhir yaitu bulan Februari dan Maret tahun 2023 dengan jumlah populasi sebanyak 17.889 pelanggan. Teknik sampling yang digunakan buat percobaan ialah teknik Non probability sampling yaitu melalui teknik sampling Purposive. Sumber data yang digunakan dalam percobaan ini ialah data primer serta sekunder. Sementara diolah menggunakan analisis data berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. serta analisis regresi linear berganda, uji hipotesis serta koefisien determinasi. Hasil dari percobaan ini diketahui bahwa : harga berdampak positif serta signifikan kepada loyalitas pelanggan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IX. Pelayanan Prima berdampak positif dan signifikan kepada loyalitas pelanggan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IX. Serta Kepuasan Pelanggan berdampak positif dan signifikan kepada loyalitas pelanggan  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IX.

References

Abubakar, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta, CV.
Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). KONSUMEN & Pelayanan Prima (Bintoro, ed.). Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Elmas, M. S. H. (2022). Build Customers Loyalty Product Le Minerale Disposable Gallons in Probolinggo City. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM), 7(2), 170–180. Retrieved from https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/1037
Farisi, S., & Siregar, qahfi R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941
Huda, M., & Hartati, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Taksi Blue Bird di Jakarta Barat. JSMA (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi), 13(2), 96–110.
Indrasari, D. M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. Surabaya: unitomo.
Juniantari, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Hendrawan, I. G. Y. (2020). “Pengaruh Service Quality Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Transportasi Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Ganesa Transport.” JUIMA : Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2020), 1–16.
Lusiah. (2018). LOYALITAS PELANGGAN Berdasarkan Hasil Penelitian Pada Mahasiswa Universitas Swasta Di Kota Medabn. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Nafis, R. W., Elmas, M. S. H., & Pujiastuti, A. (2023). PENGARUH EXPERIENCE DAN GREEN MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA KONSUMEN MS GLOW MEN THE EFFECT OF EXPERIENCE AND GREEN MARKETING ON MS GLOW MEN ’ S CUSTOMER LOYALTY. 19(1), 23–30.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Pujiati, H. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN GRAB BIKE DI KOTA DEPOK. Aktiva – Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 176–185.
Ratnawili, Fitri, M. A., & Arini, E. (2021). Pengaruh service excellence, customer experience dan brand trust terhadap customer loyalty (STUDI KASUS PENGGUNA JASA GRAB DI KOTA BENGKULU). JURNAL ILMIAH AKUNTANSI, MANAJEMEN & EKONOMI ISLAM (JAM-EKIS), 4(2), 394–407.
Saputri, R. S. D. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GRAB SEMARANG. Journal of Strategic Communication, 10(1), 46–53.
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (26th ed.). Bandung: Alfabeta, CV.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). KEPUASAN PELANGGAN Konsep, Pengukuran, & Strategi (A. Diana, ed.). Yogyakarta: ANDI.
Widnyani, N. M., Rettobjaan, V. C., & Aristayudha, A. A. N. B. (2020). PENGARUH HARGA , PROMOSI DAN INOVASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GOJEK ( STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL ). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 75–92.
Published
2023-06-28
How to Cite
hidayati, wiwik, Hidayatullah Elmas, M., & Nafis, R. (2023). Pengaruh Harga, Pelayanan Prima Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IX. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(3), 391-400. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i3.1398

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.