Pengaruh Kualitas Makanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Niat Berkunjung Ulang Wisatawan Di Objek Wisata Kebun Teh Wonosari Malang

  • Raihan Wishal Nafis Universitas Panca Marga
  • Junaidi Junaidi
  • Putri Damayanti
  • M. Hizam Fikri
  • Regita Febriyanti

Abstract

Tingkat  kunjungan  wisatawan  yang  berkunjung  ke  Malang  tiap  tahunnya diyakini   semakin   meningkat hal ini membuat pemerintah Kabupaten Malang dituntut selalu berbenah  untuk  memperbaiki  objek  wisata Kebun The Wonosari. Tujuan dari penelitian ini adalah menilai pengaruh kualitas makanan serta persepsi risiko terhadap niat berkunjung kembali ke destinasi Kebun Teh Wonosari.  Penelitian  ini  dilakukan di  lokasi  Kebun Teh Wonosari Malang dan  waktu pelaksanaan pada bulan Oktober 2022. Pengambilan sampel  dalam  penelitian  ini  menggunakan  teknik non-probability  sampling. Penelitian ini menggunakan 100   responden. Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kualitas Makanan terhadap Niat Berkunjung Ulang. Terdapat pula pengaruh yang signifikan juga antara Persepsi Resiko terhadap Niat Berkunjung Ulang.

Kata kunci: Kualitas Makanan, Persepsi Resiko, Niat Berkunjung Ulang

References

[1] Anugrah, A. M., Antara, M., & Mahendra, M. S. (2022). Pengaruh Citra Destinasi, Motivasi dan Persepsi Risiko terhadap Kepuasan Wisatawan Sepeda Gunung dan Niat Berkunjung Kembali: di Cacing Fun Track, Lombok Barat. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, 6(02), 152-165.
[2] Chew, E. Y. T., & Jahari, S. A. (2014). Destination image as a mediator between perceived risks and revisit intention: A case of post-disaster Japan. Tourism management, 40, 382-393.
[3] Dalimunthe, F. I., Masatip, A., Liyushiana, L., & Rosari, D. (2020). Strategi Pengembangan Pasar Keramik Belawan Sebagai Daya Tarik Wisata Belanja di Kota Medan. Tourism Scientific Journal, 5(2), 172-182.
[4] Darajat, M. N. A., Rahmafitria, F., & Wirakusuma, R. M. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko Bencana Tsunami dan Citra Destinasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan ke Pantai Anyer Banten. Tourism Scientific Journal, 6(2), 281-290.
[5] Dewantara, Y. F. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG DI UNION DELI GRAND INDONESIA. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 4(2).
[6] Farachatus, S., Purna, S. P., Nyoman, I., Sudiadnyana, S. K. M., & Wayan, I. (2020). LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN KEADAAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KUALITAS MAKANAN DI KAWASAN TEMPAT WISATA.
[7] Hampson, S. E., Andrews, J. A., Barckley, M., Lichtenstein, E., & Lee, M. E. (2006). Personality traits, perceived risk, and risk-reduction behaviors: a further study of smoking and radon. Health Psychology, 25(4), 530.
[8] Harfania, F. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan, Experiential Marketing, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Restoran Ayam Geprek Sa’I Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(6), 581-591.
[9] Labesi, S. C. (2019). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian Mobil Pajero pada PT. Makassar Mandiri Putra Utama. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).
[10] Laela, E. (2021). Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Rumah Makan Ciganea Purwakarta. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 180-186.
[11] Mangifera, L., Isa, M., & Wajdi, M. F. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pemilihan Kuliner di Kawasan Wisata Alam Kemuning. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20(1).
[12] Manurung, H. P., & Suriono, H. (2020, October). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Inovasi Dan Cita Rasa Makanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Danau Buatan Kelapa Gading Kisaran. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
[13] Mawarsari, I. (2018). Pengaruh kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Olahan Buah Carica di Daerah Wonosobo. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.
[14] Nafis, R. W. (2021). Inovasi, Kepercayaan, Dan Electronic Word Of Mouth Untuk Mendorong Minat Berkunjung Wisatawan Pantai Gemah Tulungagung. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 6(1), 129-137.
[15] Niininen, O., & Riley, M. (2004). Towards the Conceptualization of Tourism Destination. Consumer psychology of tourism, hospitality and leisure, 3, 275.
[16] Pilipus, R. R., Aransyah, M. F., & Bharata, W. (2021). Pengaruh WOM (Word Of Mouth), Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Thai Tea Pada Dum Dum Thai Drinks Samarinda. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 61-72.
[17] Putra, V. S. (2018). PENGARUH KUALITAS MAKANAN, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS LINGKUNGAN FISIK TERHADAP NIAT PERILAKU PEMBELIAN ULANG PELANGGAN (PADA PELANGGAN RESTORAN SOTO LAMONGAN CAK HAR DI SURABAYA). JURNAL MANAJERIAL, 4(2), 49-56.
[18] SANTOSO, S. D. Y. Pengaruh Experiential Marketing dan Perceived Risk Terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Pantai Pulau Merah Banyuwangi di Era Pandemi Khusus Pengunjung Jawa Timur.
[19] Tavitiyaman, P., & Qu, H. (2013). Destination image and behavior intention of travelers to Thailand: The moderating effect of perceived risk. Journal of travel & tourism marketing, 30(3), 169-185.
[20] Ummah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Makanan Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Restoran Cepat Saji Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Perilaku Beli Ulang Burger King Di Yogyakarta.
Published
2023-11-06
How to Cite
Nafis, R., Junaidi, J., Damayanti, P., Fikri, M., & Febriyanti, R. (2023). Pengaruh Kualitas Makanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Niat Berkunjung Ulang Wisatawan Di Objek Wisata Kebun Teh Wonosari Malang. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 11(2), 127-133. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v11i2.1732

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.