Pengaruh Kualitas Makanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Niat Berkunjung Ulang Wisatawan Di Objek Wisata Kebun Teh Wonosari Malang
Abstract
Tingkat kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Malang tiap tahunnya diyakini semakin meningkat hal ini membuat pemerintah Kabupaten Malang dituntut selalu berbenah untuk memperbaiki objek wisata Kebun The Wonosari. Tujuan dari penelitian ini adalah menilai pengaruh kualitas makanan serta persepsi risiko terhadap niat berkunjung kembali ke destinasi Kebun Teh Wonosari. Penelitian ini dilakukan di lokasi Kebun Teh Wonosari Malang dan waktu pelaksanaan pada bulan Oktober 2022. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling. Penelitian ini menggunakan 100 responden. Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kualitas Makanan terhadap Niat Berkunjung Ulang. Terdapat pula pengaruh yang signifikan juga antara Persepsi Resiko terhadap Niat Berkunjung Ulang.
Kata kunci: Kualitas Makanan, Persepsi Resiko, Niat Berkunjung Ulang
References
[2] Chew, E. Y. T., & Jahari, S. A. (2014). Destination image as a mediator between perceived risks and revisit intention: A case of post-disaster Japan. Tourism management, 40, 382-393.
[3] Dalimunthe, F. I., Masatip, A., Liyushiana, L., & Rosari, D. (2020). Strategi Pengembangan Pasar Keramik Belawan Sebagai Daya Tarik Wisata Belanja di Kota Medan. Tourism Scientific Journal, 5(2), 172-182.
[4] Darajat, M. N. A., Rahmafitria, F., & Wirakusuma, R. M. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko Bencana Tsunami dan Citra Destinasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan ke Pantai Anyer Banten. Tourism Scientific Journal, 6(2), 281-290.
[5] Dewantara, Y. F. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG DI UNION DELI GRAND INDONESIA. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 4(2).
[6] Farachatus, S., Purna, S. P., Nyoman, I., Sudiadnyana, S. K. M., & Wayan, I. (2020). LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN KEADAAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KUALITAS MAKANAN DI KAWASAN TEMPAT WISATA.
[7] Hampson, S. E., Andrews, J. A., Barckley, M., Lichtenstein, E., & Lee, M. E. (2006). Personality traits, perceived risk, and risk-reduction behaviors: a further study of smoking and radon. Health Psychology, 25(4), 530.
[8] Harfania, F. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan, Experiential Marketing, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Restoran Ayam Geprek Sa’I Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(6), 581-591.
[9] Labesi, S. C. (2019). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian Mobil Pajero pada PT. Makassar Mandiri Putra Utama. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).
[10] Laela, E. (2021). Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Rumah Makan Ciganea Purwakarta. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 180-186.
[11] Mangifera, L., Isa, M., & Wajdi, M. F. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pemilihan Kuliner di Kawasan Wisata Alam Kemuning. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20(1).
[12] Manurung, H. P., & Suriono, H. (2020, October). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Inovasi Dan Cita Rasa Makanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Danau Buatan Kelapa Gading Kisaran. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
[13] Mawarsari, I. (2018). Pengaruh kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Olahan Buah Carica di Daerah Wonosobo. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.
[14] Nafis, R. W. (2021). Inovasi, Kepercayaan, Dan Electronic Word Of Mouth Untuk Mendorong Minat Berkunjung Wisatawan Pantai Gemah Tulungagung. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 6(1), 129-137.
[15] Niininen, O., & Riley, M. (2004). Towards the Conceptualization of Tourism Destination. Consumer psychology of tourism, hospitality and leisure, 3, 275.
[16] Pilipus, R. R., Aransyah, M. F., & Bharata, W. (2021). Pengaruh WOM (Word Of Mouth), Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Thai Tea Pada Dum Dum Thai Drinks Samarinda. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 61-72.
[17] Putra, V. S. (2018). PENGARUH KUALITAS MAKANAN, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS LINGKUNGAN FISIK TERHADAP NIAT PERILAKU PEMBELIAN ULANG PELANGGAN (PADA PELANGGAN RESTORAN SOTO LAMONGAN CAK HAR DI SURABAYA). JURNAL MANAJERIAL, 4(2), 49-56.
[18] SANTOSO, S. D. Y. Pengaruh Experiential Marketing dan Perceived Risk Terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Pantai Pulau Merah Banyuwangi di Era Pandemi Khusus Pengunjung Jawa Timur.
[19] Tavitiyaman, P., & Qu, H. (2013). Destination image and behavior intention of travelers to Thailand: The moderating effect of perceived risk. Journal of travel & tourism marketing, 30(3), 169-185.
[20] Ummah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Makanan Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Restoran Cepat Saji Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Perilaku Beli Ulang Burger King Di Yogyakarta.