Pengaruh Consumer Satisfaction, Brand Image Dan Trust Terhadap Consumer Loyalty Pada Pt. Kai (Persero) Daop 9 Jember Stasiun Probolinggo

  • Ike Nursafitri Universitas Panca Marga
  • Seger Priantono Universitas Panca Marga
  • Yekti Rahajeng Universitas Panca Marga
Keywords: Consumer Satisfaction, Brand Image, Trust, Consumer Loyalty

Abstract

Use The aim of this research is to determine the partial influence of consumer satisfaction, brand image and trust on consumer loyalty at PT. ΚΑΙ (Persero) DAOP 9 Jember Probolinggo Station. The type of research used is causal associative with a quantitative approach. The population in this study is consumers of the DAOP 9 Jember Train, Probolinggo Station in February-March 2024. The number of samples in this study was 100 samples obtained from the Slovin formula calculation. In proving and analyzing this, the convergent validity test, discriminant validity test, reliability test, r-square test, q-square test and hypothesis test are used.Partial test results show that Consumer Satisfaction (X1) with 1 statistic of (3.608) or p value (0.000 < 0.05), then H0 can be accepted or has a significant effect. Brand Image (X2) with a t statistic of (3.772) or p value (0.440 > 0.05), then H0 is not proven or has no significant effect. Trust (X3) with a t statistic of (1.387) or p value (0.167>0.05), then HO is not proven or has no significant effect.

 

Author Biographies

Ike Nursafitri, Universitas Panca Marga

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh secara parsial consumer satisfaction, brand image dan trust terhadap consumer loyalty Pada PT. KAI (Persero) DAOP 9 Jember Stasiun Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini iyalah konsumen Kereta Api DAOP 9 Jember Stasiun Probolinggo pada bulan Februari-Maret 2024. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 100 sampel didapatkan dari peritunganrumus slovin. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut maka digunakan uji convergent validity, uji discriminant validity, uji realibilitas, uji r-square, uji q-square dan uji hipotesis. Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa Consumer Satisfaction (X1) dengan t statistik sebesar (3.608) atau p value (0.000 < 0,05), maka H0 bisa diterima atau berpengaruh signifikan. Brand Image (X2) dengan t statistik sebesar (3.772) atau p value (0.440 > 0,05), maka H0 tidak terbukti atau berpengaruh tidak signifikan. Trust (X3) dengan t statistik sebesar (1.387) atau p value (0.167 > 0,05), maka H0 tidak terbukti atau tidak berpengaruh signifikan.

   
Seger Priantono, Universitas Panca Marga

 

 
Yekti Rahajeng, Universitas Panca Marga

 

 

References

Dhany, U. R., & Rahmansyah, A. I. (2022). Pengaruh Return On Assets dan Debt To Equity Terhadap Return Saham Degan Inflasi Sebagai Pemoderasi. Owner, 6(3), 3312–3323. https://doi.org/10.33395/owner.v6i3.1110
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (3rd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali Imam. (2021). Partial Least Aquares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9. Abadi Tejokusumo.
Hamdun, E. K., Permatasari, L., Fandiyanto, R., Wiryaningtyas, D. P., Subaida, I., Nanggala, A. Y. A., & Praja, Y. (2023). Pedoman Aplikasi Statistik Smart Pls 3.0 (Partial Least Square) Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM).
Hudzafidah, K., Dhany, U. R., & Rahmansyah, A. I. (2023). Effect of Profitability on Social Responsibility (CSR) in Indonesia: Environmental Performance as a Moderator. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 13(1), 103–113. https://doi.org/10.30741/wiga.v13i1.974
Hudzafidah, K., Rahmansyah, A. I., Dhany, U. R., & Suharsono, J. (2023). Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Dengan Ipo Sebagai Variabel Moderating. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 1090–1099. https://doi.org/10.36778/JESYA.V6I1.1163
Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares dengan SmartPLS 3.0. Universitas Brawijaya.
Indrawan, D., Rahmawati, G., Oktaviana, I., & Ismiati, S. (2022). Model Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan: Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek (Literatur Review Manajemen Pemasaran).
Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Ko.We.Cok Di Solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia).
Meithiana, I. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Pratiwi, D., Rivai, A. K., & Suryawan, M. E. (2022). Efek Mediasi Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Layanan, Citra Merek dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan.
Rahmansyah, A. I., & Dhany, U. R. (2023). Kinerja Keuangan, Corporate Social Responsibility, Dan Peran Earnings Per Share. Measurement Jurnal Akuntansi, 17(2), 196–205. https://doi.org/10.33373/mja.v17i2.5682
Rahmansyah, A. I., Hudzafidah, K., & Bahri, M. S. (2024). Kepemilikan Manajerial sebagai Moderasi Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Financial Distress di Indonesia. RELASI : JURNAL EKONOMI, 20(2), 369–385. https://doi.org/10.31967/relasi.v20i2.1110
Rifa’i, K. (2019). Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) ; Membangun Loyalitas Pelanggan.
Riyanto, J., & Muchayatin. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Traveloka Di Kota Semarang.
Sidiq, A., & Kasidin. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone di Karesidenan Surakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni Wiratna V. (2023). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Sutedjo, B., & Saputri, D. H. R. (2023). Pengaruh Citra Merek, Cita Rasa, Dan Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (3rd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali Imam. (2021). Partial Least Aquares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9. Abadi Tejokusumo.
Hamdun, E. K., Permatasari, L., Fandiyanto, R., Wiryaningtyas, D. P., Subaida, I., Nanggala, A. Y. A., & Praja, Y. (2023). Pedoman Aplikasi Statistik Smart Pls 3.0 (Partial Least Square) Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM).
Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares dengan SmartPLS 3.0. Universitas Brawijaya.
Indrawan, D., Rahmawati, G., Oktaviana, I., & Ismiati, S. (2022). Model Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan: Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek (Literatur Review Manajemen Pemasaran).
Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Ko.We.Cok Di Solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia).
Meithiana, I. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Pratiwi, D., Rivai, A. K., & Suryawan, M. E. (2022). Efek Mediasi Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Layanan, Citra Merek dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan.
Rifa’i, K. (2019). Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) ; Membangun Loyalitas Pelanggan.
Riyanto, J., & Muchayatin. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Traveloka Di Kota Semarang.
Sidiq, A., & Kasidin. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone di Karesidenan Surakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni Wiratna V. (2023). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Sutedjo, B., & Saputri, D. H. R. (2023). Pengaruh Citra Merek, Cita Rasa, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Pelanggan Roket Chicken Kaliwungu. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING).
Warsito, C. (2021). Loyalitas Pelanggan Terhadap Merek Toko Islami.
Wier, R. (2020). Pelayanan Prima (Vol. 01). PT. Muara Karya.
Published
2025-01-08
How to Cite
Nursafitri, I., Priantono, S., & Rahajeng, Y. (2025). Pengaruh Consumer Satisfaction, Brand Image Dan Trust Terhadap Consumer Loyalty Pada Pt. Kai (Persero) Daop 9 Jember Stasiun Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 2(4), 541-550. https://doi.org/10.51747/jumad.v2i4.2046

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>