Pengaruh Komunikasi, Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo

  • Wardatul Jannah Universitas Panca Marga
  • Dedi Joko Hermawan Universitas Panca Marga
  • Yekti Rahajeng Universitas Panca Marga
Keywords: Komunikasi, Reward, Punishment, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia adalah salah satu faktor penentu keberhasilan perusahaan dan mempunyai peran penting dalam setiap kegiatan perusahaan. Kinerja menjadi faktor utama dalam keberhasilan perusahaan, kinerja yang baik akan menghasilkan hal yang positif. Kinerja yang baik dari seorang karyawan dapat diperoleh dengan adanya tingkat kedisiplinan yang tinggi dengan diawali kesadaran semua peraturan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, jadi jumlah sampel yang digunakan adalah seluruh karyawan PT. Pos Indonesia (PERSERO) Kota Probolinggo sebanyak 44 karyawan. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dan diolah dengan metode analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi (Adjust R Square)  dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara komunikasi (X1), reward (X2) dan punishment (X3) secara simultan  berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dimana diperoleh nilai Fhitung = 29,221. Lalu dari uji parsial menunjukkan bahwa variabel komunikasi (X1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai thitung = 2,520. Variabel reward (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai thitung = 2,763. Sedangkan variabel punishment (X3) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai thitung = 4,665.

 

References

Asep rifai. (2019). PENGARUH KOMUNIKASI DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KECAMATAN SUKABUMI KABUPATEN SUKABUMI. Jurnal Ekonomedia, Volume 1 N.
Bill & yossi. (2020). ANALISIS PENGARUH REWARD, MOTIVASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PT. INDO NINIKI Bill. Jurnal Rekaman, 4(1), 38–46.
David Ahmad Yani. (2021). PENGARUH PENGHARGAAN DAN BUDAYA ORGANISASITERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT . WIDYA PRATAMA PERKASA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, Vol.11(No.2), 77–90.
Eduar, O. :, Sengkey, A., Dotulong, L., Lumintang, G., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2021). EFFECT OF REWARD, PUNISHMENT AND COMMUNICATION ON EMPLOYEE PERFORMANCE OF PT. TOMOHON BRANCH SULUTGO BANK. Manajemen, 9(3), 1692–1702.
Hasibuan. (2019). manajemen sumber daya manusia. Jakarta timur: Bumi Aksara.
ifah dkk. (2022). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan CV . Era Mas. Journal of Management & Business, 5(1), 471–477.
Imam Ghozali. (2019). aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Semarang.
jimmy fitria & hunik. (2017). Pengaruh reward, insentif, pembagian tugas dan pengembangan karier pada kepuasan kerja perawat di rumah sakit ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 28.
Mangkunegara. (2021). manajemen sumber daya manusia perusahaan. bandung: Rosda.
Meithiana, F. (2018). manajemen sumber daya manusia. Sidoarjo.
Octario. (2022). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan PT Matahari Department Store : Studi Kasus pada MDS 338 Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(1), 1–5.
pandi afandi. (2016). Concept & Indicator Human Reseources Management For Management Research. Yogyakarta.
pandi afandi. (2018). manajemen sumber daya manusia teori, konsep dan indikator. pekanbaru riau.
Rofiqi, Zaiful Rosyid, U. (2019). Reward & Punishment Konsep dan Aplikasi. Batu.
Sujarweni. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. pustaka baru press.
Published
2023-04-28
How to Cite
Jannah, W., Hermawan, D., & Rahajeng, Y. (2023). Pengaruh Komunikasi, Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(2), 151-160. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i2.1351

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.