Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) 2017-2021

  • Abdul Hanif Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Joni Hendra Universitas Panca Marga
  • Yekti Rahajeng Universitas Panca Marga
Keywords: Efisiensi Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh efisiensi modal kerja, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII), baik secara simultan, parsial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis asosiatif, dengan variabel bebas yang digunakan adalah efisiensi modal kerja, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 17 perusahaan dari jumlah populasi 30 perusahaan selama periode 2017-2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa working capital turn over sebagai proksi dari efisiensi modal kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, perubahan total aktiva sebagai proksi dari pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan profitabilitas dan Ln (total asset) sebagai proksi dari ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas.

References

Anggarsari, L., & Aji, T. S. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Perputaran Modal Kerja Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas(Sektor Industri Barang Dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). Jurnal Ilmu Manajemen, 6.
Brastibian, I., Rinofah, M., & Risal. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.
Hanafi, M. M. (2015). Manajemen Keuangan Edisi1. BPFE.
Hartini, E. F., & Badriyah, S. (2020). Kemampulabaan Perusahaan Berdasarkan Efisiensi Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan, Dan Ukuran Pada Perusahaan “Makanan Dan Minuman.” Jurnal Pengembangan Wiraswasta.
Hendra, J., Hery Koeshardjono, R., & Herawati, H. (2022). Implications of Company Size, Company Growth, Institutional Ownership, Profitability and Previous Audit Opinions on Going Concern Audit Acceptance. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 12(2), 139. Retrieved from https://doi.org/10.30741/wiga.v12i2.823
Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan Edisi Revisi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Khasanah, U. A. (2021). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Plastik Dan Kemasan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.
Made, S. A., Vidyasari, R., Putu, N., Mendra, Y., & Saitri, P. W. (2021). PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS. 3(1).
Miswanto, Abdullah, Y. R., & Suparti, S. (2017). Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 24.
Santini, N. L. K. A., & Baskara, I. G. K. (2018). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Ukuran Perusahaan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Tekstil Dan Garmen. E-Jurnal Manajemen Unud.
Sudana, I. M. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktik Edisi 2. Erlangga.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA Bandung.
Sujarweni, V., & Wiratna. (2019). Metodelogi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.
Sukadana, I. ketu. alit, & Triaryati, N. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food And Beverage BEI. E-Jurnal Manajemen Unud.
Sutrisno. (2017). Manajemen Keuangan Teori Konsep & Aplikasi Edisi Revisi. Yogyakarta: EKONISIA.
Ulfa, T. U., & Widati, L. W. (2020). Perputaran Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan Dan Likuiditas Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 9.
Wulandari, D. (2021). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Likuiditas, Dan Struktur Modal Terhadap Profitabilitas. Jurnal Ekonomi Mahasiswa.
Published
2023-09-08
How to Cite
Hanif, A., Hendra, J., & Rahajeng, Y. (2023). Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) 2017-2021. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(4), 531-540. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i4.1427

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.