Pengaruh Service Quality, On Time Delivery, Dan Price Terhadap Customer Satisfaction Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo
Abstract
Di Indonesia saat ini sudah banyak mengalami pertumbuhan cepat di dalam dunia bisnis terutama bisnis jasa pengiriman barang. Fenomena yang terjadi dimana perusahaan memiliki kemajuan yang pesat dalam menyediakan pengiriman barang atau layanan kurir menjadikan perusahaan jasa pengiriman barang mempunyai peran penting dalam meningkatkan arus barang dari tempat satu ketempat lain. Jenis penelitian penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Sampel ini sebanyak 98 responden yang minimal telah melakukan pengiriman sebanyak 2 kali. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sumber data yang digunakan berasal dari data sekunder dan data primer yang merupakan hasil dari penyebaran kuesioner diolah dengan menggunakan teknik analisis data berupa validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis liniear berganda (adjusted r square), koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality berdampak secara signifikan terhadap customer satisfaction dengan skor nilai thitung sebesar 2,723 > ttabel 1,661 (sig 0,008 < 0,05), on time delivery berdampak secara signifikan terhadap customer satisfaction dengan nilai thitung sebesar 5,268 > ttabel 1,661 (sig 0,000 < 0,05), dan price berpengaruh secara signifikan terhadap customer satisfaction dengan nilai thitung sebesar 3,297 > ttabel 1,661 (sig 0,001 < 0,05).
References
Arief, M. (2020). Pemasaran Jasa & Kualitas Jasa (S. Wahyudi & Y. Setyorini (eds.); Pertama). Bayumedia Publishing.
Dewantoro, D., Aryani, L., & Marzuki, F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Fasilitas Tracking Sistem Terhadap Kepuasan Pelanggan Jne. Journal Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1(1), 278–293.
Elmas, M. S. H., Priantono, S., Hermawan, D. J., & Junaidi. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 51–60.
Eviani, I., & Hidayat, Y. R. (2021). Pengaruh Sistem Pelacakan Online dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus J&T Express Kota Baru Bekasi). Jurnal Manajemen Logistik, 1(1), 11–19. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMATIK/article/view/1253
Fatihudin, D. & A. F. (2019). Pemasaran Jasa (Pertama). Budi Utama.
Hafizha, S., Abdurrahman, & Sri Nuryani, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.266
Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098
Haris, A. (2016). MANAJEMEN PEMASARAN (S. Wahyudi (ed.); Pertama). Surya Pena Gemilang.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Pertama). Unitomo Press.
Jaya Sakti, B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Ketepatan Waktu pengiriman dan fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–8. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Mawarni, O. D., & Adi, S. W. (2022). PENGARUH FASILITAS SISTEM PELACAKAN ONLINE, KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN J&T EXPRESS (Studi Pada J&T Express Cabang Kota Karanganyar). Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 445–450. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/556
Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada PT. GO-JEK). Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 67–81. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.91
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (Cetakan ke). Alfabeta.
Sujarweni, W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. PT. Pustaka Baru.