Pengaruh Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Subregional Jawa Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo

  • Sofiya Nur Jannah Universitas Panca Marga
  • Tumini Tumini Universitas Panca Marga
  • Yekti Rahajeng Universitas Panca Marga
Keywords: Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Perusahaan yang menjualkan jasa berarti menjualkan produknya dalam bentuk kepercayaan. Kualitas pelayanan juga dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan suatu perusahaan. Variabel bebas terdiri dari produk dan kualitas pelayanan sedangkan variabel terikatnya yaitu kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pengguna jasa pelabuhan pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Subregional Jawa Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo yang berstatus aktif dan yang berdomisili di wilayah Probolinggo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yakni simple random sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dengan diolah menggunakan analisis data berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi), analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Subregional Jawa Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo.

References

Aprillia, F., & Rizal, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Advance Digital. FAIR VALUE Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(3), 1715–1729.
Arianto, N. (2022). Manajemen Pemasaran (N. Tilova, ed.). Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Daud, Z. U. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174–183. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i2.981
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Ananlisis Data Dengan SPSS. Sleman: DEEPUBLISH.
Fadhillah, F., & Haryanti, I. (2021). Analisis Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima. At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 125–139. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1457
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: UNITOMO PRESS.
Irawan, M. R. N. (2022). Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan Dan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada KSPPS Bina Syariah Ummah Kabupaten Lamongan. Ecopreneur. 12, 5(1), 67–74.
Ismail, T., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 413–423. Retrieved from https://drive.google.com/file/d/13MzmfgxayT1IuFL3pQC5to0-yw9MXWVh/view
Lusiah, Noviantoro, D., & Akbar, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online. Jurnal Ekonomi, 24(2), 213–226. https://doi.org/10.24912/je.v24i2.574
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Edisi Kedu; Sutopo, ed.). Bandung: ALFABETA.
Sujarweni, V. W. (2021). Metodologi Penelitian - Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.
Sunyoto, D. (2019). DASAR-DASAR MANAJEMEN PEMASARAN (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Terbaru; A. Diana, ed.). Yogyakarta: ANDI.
Wardhana, F. A., & Sitohang, F. M. (2021). Pengaruh Produk, Harga, Tempat, dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan Pada warkop Benpadang Sidoarjo. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(3), 1–19.
Published
2023-09-08
How to Cite
Jannah, S., Tumini, T., & Rahajeng, Y. (2023). Pengaruh Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Subregional Jawa Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(4), 511-520. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i4.1423

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>