Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cv Jaya Mandiri Abadi Kota Probolinggo

  • Syahrian Barret Yudha Paksi Universitas Panca Marga
  • Tumini Tumini Universitas Panca Marga
  • Joni Hendra Universitas Panca Marga
Keywords: Service Quality, Product Quality, Brand Image, Customer Satisfaction

Abstract

Penelitian ini dilakukan di CV.Jaya Mandiri Abadi adalah sebuah Toko Bangunan yang menyediakan berbagai kebutuhan bangunan Yang beralamat di Kota Probolinggo secara  parsial. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausalitas. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 700 pelanggan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 pelanggan. Menggunakan sampel incidental dengan metode nonprobability sampling. Adapun tahap-tahap dalam metode analisis data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda,Uji Determinasi dan Uji T menggunakan SPSS V25.0. Hasil dar uji validitas menunjukkan rhitung > rtabel diartikan bahwa uji ini valid dan dari keseluruhan angka  nilai Cronbach Alpha > 0,60 maka dinyatakan bahwa seluruh variabel pada uji penelitian ini dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan(X1) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan(Y) dengan demikian, apabila harga yang ditawarkan cukup baik maka pelanggan akan tetap menggunakan jasa pengiriman barang dengan Nilai thitung variabel kualitas pelayanan (X1) = 3,145>ttabel= 1,985 dengan nilai sig. t = 0,002, karena nilai sig. t 0,002<0,025 yang berarti menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

References

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96-107.

Ghozali, Imam. 2019. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS 23 Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hermawan, Iwan. 2019 Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methtode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Ichsan, Reza Nurul, dan Nasution, Lukman. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Kurnia Aneka Gemilang Tanjung Morawa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences.4(3), 1281-1288.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

M. Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran prodk dan merek (plannig & strategy). Pasuruan: CV. Penerbit qiara media

Mahendri, Wisnu, dan Munir, Abdullah Fajarul. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal ekonomi dan perkembangan Bisnis, 5(2), 11-17.

Octavia, Ria. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT.Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35-39.

Pontoh, Michael B., Kawet, Lotje, dan Tumbuan, Willem. 2014. Kualitas Layanan, Citra Perusahaan dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Cabang Manado. Jurnal EMBA. 2(3), 285-297.

Pramulaso, Eigis Yani. 2020. Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kementrian Ketenagakerjaan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(1),68-74.

Raintung, Ria N.R, Jonny A.F Kalangi, Lucky F. Tamengkel. 2021. Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Glad Beuty Care Manado. Jurnal Productivity, 2(2), 140-145.

Ratminto, dan Winarsih, Atik Septi. 2020. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono, P.D 2017. Metode Penelitian Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P.D 2019. Metode Penelitian Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujarweni, V. 2021. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Published
2024-06-28
How to Cite
Yudha Paksi, S., Tumini, T., & Hendra, J. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cv Jaya Mandiri Abadi Kota Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 2(3), 301-310. https://doi.org/10.51747/jumad.v2i3.1536

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>