Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada J’bing Cafe & Resto Probolinggo

  • Yuliana Yuliana Universitas Panca Marga
  • Titik Musriati Universitas Panca Marga
  • Yekti Rahajeng Universitas Panca Marga
Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga Kepuasan Konsumen

Abstract

Kualitas pelayanan yang memuaskan dan harga kompetitif, maka mendorong terciptanya kepuasan konsumen. Jika harga yang diterapkan terlalu tinggi atau pelayanan yang diberikan tidak sebanding dengan harga yang harus dibayar maka produk kurang memuaskan bagi konsumen. Sehingga tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen serta untuk mengetahui variabel mana yang memiliki pengaruh dominan antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen. Dengan Populasi sebanyak 1.130 konsumen, teknik pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan pada konsumen J’bing Cafe & Resto Probolinggo (Jalan Basuki Rahmad, No. 9, Mayangan, Kota Probolinggo) yaitu teknik non-probability sampling melalui teknik sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 92 orang. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan pengujian hipotesis uji uji t dan dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kualitas pelayanan 4,639 dan harga 2,698 secara parsial terhadap kepuasan konsumen serta variabel kualitas pelayanan yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien beta 0,429 lebih besar dari nilai koefisien beta variabel harga 0, 250 pada J’bing Cafe & Resto Probolinggo (Jalan Basuki Rahmad, No. 9, Mayangan, Kota Probolinggo).

References

Agustina, E., & Pramuditha, C. A. (2023). Pengaruh Experiential Marketing dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Golden Gems Resto & Cafe. Mdp Student Conference, 299–304.
Arief, M. Y., Rifaldi, M., & Ediyanto. (2022). Pengaruh keragaman produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada cafe depour di kabupaten situbondo. Prosiding Nasional 2022, 48–55.
Dewi, & Wulandari. (2021). Pengaruh Kualitas Produk , Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hidden Garden Agro Cafe Baturiti Tabanan Bali. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 717–728.
Dora, L. D. (2022). Pengaruh harga, kualitas pelayanan dan kelengkapan produk terhadap kepuasan konsumen Liberty Mart Watulimo Trenggalek. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 5135–5146.
Halim, A., Setianingsih, W. E., & Reskiputri, T. D. (2022). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap konsumen pada mie galak Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1(7), 1462–1473.
Indrasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. UNITOMO PRESS.
Kusnadi, E. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel Interveing pada cafe Azalea di Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1(4), 807–822.
Mariansyah, A., Darma, Syarif, A., & Darma. (2020). Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Pelayanan , dan Harga. JIBM, 3(2), 134–146.
Maulidah, I., Widodo, J., & Zulianto, M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di rumah makan ayam goreng nelongso jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13, 26–29. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10416
Niken Nanincova. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Noach Cafe And Bistro. Agora, 7(2).
Nugroho, A., & Astuti, P. B. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga , dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Bakso Lumayan Pak Cipto Karanganyar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 598–608.
Reynaldi, D., Palelu, G., Tumbuan, W. J. F. A., Jorie, R. J., & Ratulangi. (2022). Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kamsia Boba di Kota Lawang. Jurnal Emba, 10(1), 68–77.
Sudaryono, D. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi (Sigit (ed.); 1st ed.). Penerbit Andi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Widjoyo, S., Hatane, P., Brahmana, R. K. M. R., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2019). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen restoran happy garden surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.
Published
2023-09-08
How to Cite
Yuliana, Y., Musriati, T., & Rahajeng, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada J’bing Cafe & Resto Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(4), 521-530. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i4.1425

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>