Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada UD. Probo Sakti Kota Probolinggo Sebagai Pengusaha Penjualan Ayam Potong

  • M Amin Firdaus Universitas Panca Marga
  • R Abdul Haris Universitas Panca Marga
  • R Hery Koeshardjono Universitas Panca Marga
Keywords: Service quality, Price, Customer Satisfaction

Abstract

This research aims to examine the partial and simultaneous influence of service quality and price on customer satisfaction at UD. Probo Sakti  Probolinggo City as an entrepreneur selling broiler chickens. This type of research uses quantitative descriptive with surveys and causal associative. The population was 112 people, with the sampling technique used in this study being simple random sampling. The data uses a questionnaire with data analysis techniques using validity tests, reliability tests, classical assumption tests, multiple linear tests, determinant coefficients, and hypothesis tests. The results show that service quality and price simultaneously and partially have a significant effect on customer satisfaction at UD. Probo Sakti  Probolinggo City.

References

Adhari, dan Iendy Zelviean. 2021. Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. Surabaya: CV. Qiara Media.
A. Elvera, METODOLOGI PENELITIAN, Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2021.
Alma, MANAJEMEN PEMASARAN dan PEMASARAN JASA, Bandung: ALFABETA CV, 2013.
Arief. 2020. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publising.
Donni, Juni, dan Priansa. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV. Alfabeta.
Duwi, dan Priyatno. 2018. Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: CV. andi Offset.
Ghozali, APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPS 25, Semarang: Undip, 2018.
Hidayati, dan Suwarsito. 2020. Dasar-dasar METODELOGI PENELITIAN, Purwoketo: UM Purwokerto Press.
Ibrahim, Malik dan Siti. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Pelanggan " Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis 4(1):175-182.
Indrasari, dan Meithiana. 2019. Manajemen dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Niawati. Hesti Pandu Widodo. Achmad Daengs GS. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suasana Resto dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di SUSHI TEI Surabaya). Jurnal Jumma45 1(1):2828-7118:7207.
Nur Diyah Hastuti,Iin. Endang M. Sasmita.Bida Sari.2022. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Bakso Tukul Arwana Cabang Season City Jakarta Barat. Fakutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Persada Indonesia YAIJalan Diponegoro No. 74 Jakarta Pusat 10340.
Rahmansyah, A. I., Balqis, N. S., Rahajeng, Y., Elmas, M. S. H., & Masluha, S. (2022). The Effect of Non Perfoming Financing and Financing to Deposit Ratio On Return On Assets. Assets : Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan Dan Pajak, 6(2), 100–107. https://doi.org/10.30741/assets.v6i2.849
Rahmansyah, A. I., Wardayati, S. M., & Miqdad, M. (2021). Audit Committee, Board, and Audit Report Lag. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 11(1), 19–30. https://doi.org/10.30741/wiga.v11i1.577
Sudaryono, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN, Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2016.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & D. ke 27. Bandung: CV. Alfabeta.
Sujarweni, dan V. Wiratna. 2015. Metode Penelitian & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sulistyo Herlambang, Alfian. Edi Komara. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan) . Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan 7(1):56-64.
Sunyoto, dan Danang. 2020. Dasar Dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: CAPS.
Triongko,Budi. Untung Widodo. 2022. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadpa Kepuasan Pelanggan (Studi pada Aki Incoe PT Meka Adripatam di Kota Semarang). Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi: 2829-1433.
Winarno. 2013. Metode Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: UM Press..
Published
2025-01-07
How to Cite
Firdaus, M., Haris, R., & Koeshardjono, R. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada UD. Probo Sakti Kota Probolinggo Sebagai Pengusaha Penjualan Ayam Potong. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 2(6), 821-830. https://doi.org/10.51747/jumad.v2i6.2117

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>