Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Pembelian Di CV. Pia Manalagi Kota Probolinggo
Abstract
Banyak aspek yang menjadi pertimbangan seorang pelanggan untuk memilih suatu produk, misalnya Word Of Mouth yang ada dan kualitas produknya. Setiap membangun sebuah perusahaan pada umumnya semua perusahaan ingin berhasil dalam menjalankan usahanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptiff kuantitatif, dengan variabel independen (bebas) Kualitas Produk (X1), Harga (X2) dan Word Of Mouth (X3) serta variabel dependen (terikat) Keputusan Pembelian(Y). Populasi dalam penelitian ini yang digunakan adalah para Pelanggan. penentuan pengambilan jumlah responden (sampel) yang digunakan adalah tabel Isaac dan Michael sedangkan Teknik sampling yang digunakan adalah Non probability sampling. Sumber data meliputi : (1) data primer, (2) data Sekunder. Metode analisis data yang digunakan meliputi : statistik deskriptif, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien determinasi (R Square), pengujian hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F. Hasil penelitian dari uji simultan kuliatas produk (X1), harga (X2) dan word of mouth (X3) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dari perhtungan uji F peroleh nilai Fhitung = 24,931. Selain itu dariuji parsial menunjukan bahwa kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y) dengan nilai thitung = 2,584, harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y) dengan nilai thitung = 4,381 dan word of mouth (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y) dengan nilai thitung = 3,672.
References
Alma, B. (2020). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa (ke-7). Bandung: ALFABETA.
Alva, R. (2017). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT.KANGZEN KENKO INDONESIA DI MANADO. Jurnal EMBA, 5(3), 4585–4594.
Firmansyah., A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planing & Strategy) (Qiara Media, ed.). Kota Pasuruan: CV. PENERBIT QIARA MEDIA.
Fitri Halim, D. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Haris., A. (2016). Manajemen Pemasaran. Malang: Surya Pena Gemilang.
Indrasari., M. (2019). Pwmasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya.
Priansa., D. J. (2017). komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Priskyla, W. R. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH KOPI DAN MIE TORONATA DI KAWANGKOAN. Jurnal EMBA, 5(2), 1102 –1112.
Putri, D. C. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Gacoan di Yogyakarta). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 851–866. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2
Rosnaini., D. (2017). Citra, Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan. gowa.
Saputra. (2020). PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. E-Jurnal Manajemen, 9(7), 2596–2620. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p07
Selvany, C. L. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Wom (Word of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss Pada Cv.Tristar Jaya Globalindo Manado. Jurnal EMBA, 3(3), 817–826.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, akualitatif,R&D (Cetakan Ke). Bandung: ALFABETA, CV.
Sujarweni., W. (2015). Metode Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.
Sunyoto., D. (2016). Metode Penelitian Akutansi (Cetakan Ke). Bandung: PT Rafika Aditama.
Sunyoto., D. (2017). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (konsep, strategy, dan kasus) (cetakan ke). Jkarta: Center Of Academic Publishing Service.