Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Probolinggo
Abstract
Survei ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Probolinggo baik secara simultan, parsial, dan dominan. Jenis penelitian kuantitatif, variabel bebas yaitu Strategi Pemasaran dan Kualitas Layanan. Sedangkan variabel terikat adalah Loyalitas Pelanggan. 98 pelanggan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan, uji hipotesis (Uji-f) menunjukkan variabel Strategi Pemasaran dan Kualitas Layanan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan, uji hipotesis (Uji-t) menunjukkan bahwa : 1) Strategi Pemasaran berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan 2) Kualitas Layanan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan, sedangkan variabel dominan adalah Kualitas Layanan, terbukti dari hasil penelitian.
References
Fawzi, Dkk. 2021. Strategi Pemasaran Konsep, Teori Dan Implementasi. Tanggerang Selatan: Pascal Books.
Haris, Abdul. 2016. Manajemen Pemasaran Tinjauan Teoretis Dan Praktik. Malang- Jawa Timur: Surya Pena Gemilang.
Hermanto. 2019. Faktor Pelayanan, Kepuasan & Loyalitas Pelanggan. Surabaya: CV. Jakad.
Indrawati. 2015. Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi Dan Informasi. Bandung: PT refika Aditama.
Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Lingkar Selatan: CV PUSTAKA SETIA.
Rahayu, Sri. 2019. Kepuasan & Loyalitas Pelanggan Terhadap Obyek Wisata. Palembang: CV. Anugrah Jaya.
Ramenusa, Oktaviani. 2013. “Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. DGS Manado.” Jurnal EMBA 1(3):1199.
Resli, Elly. 2017. “Penerapan Strategi Pemasaran Dan Pelayanan Jasa Serta Kontribusinya Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome PT. Telkom Ciamis.” Jurnal 1(2):143.
Saragih, Melva Hermayanty dan Prayitta, Andrew Danielle. 2023. “Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan Dan Branding Terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Sebagai Metode Dan Teknik Pembayaran.” Jurnal Simki Economic 6(1):25.
Sugiyono, Prof .. D. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sujarweni, V. Wiratna. 2019. Metodelogi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Jogjakarta: Pustakabarupress.
Sulistiyowati, Wiwik. 2018. Kualitas Layanan : Teori Dan Aplikasinya. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.
Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen). Yogyakarta: CAPS.
Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.
Warsito, Chandra. 2021. Loyalitas Pelanggan Terhadap Merek Toko Islami. Purwokerto: STAIN Press.
Zainurossalamia, Saida. 2020. Manajemen Pemasaran Teori & Strategi. Nusa Tenggara Barat: Forum Pemuda Aswaja.