Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian UPC Dringu Kabupaten Probolinggo
Abstract
Kepuasan nasabah dapat terwujud secara maksimal apabila kualitas pelayanan serta citra perusahaan terpenuhi dengan baik serta sesuai dengan harapan nasabah. Penelitian ini bermaksud mengetahui pengaruh kualitas pelayanan serta citra perusahaan secara parsial kepada kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian UPC Dringu Kabupaten Probolinggo. Peneltian ini memakai metode kuantitatif melalui pendekatan asosiatif kausal, dimana data dikumpulkan melalui cara penyebaran angket 82 orang responden dari populasi 442 melalui pendekatan teknik sampling ialah nonprobability sampling yakni sampling purposive. Sumber data yang dipakai berawal mulai data primer serta data sekunder. Data dikumpulkan memakai angket serta melalui cara analisis data ialah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi (R2) serta untuk dapat mengungkapkan variabel yang pada kepuasan nasabah dilakukan uji parsial (uji t). penelitian ini seluruh instrument membuktikan bahwa semua item pernyatan valid serta reliabel dan memenuhi uji-uji instrument yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya kualitas pelayanan serta citra perusahaan berpengaruh signifikan kepada kepuasan nasabah dengan cara sendiri-sendiri.
References
Ariana, I. Komang Agus. 2021. “Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Bpd Bali Cabang Tohpati.” 5(4).
Arief. 2020. Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia.
Budiarto Nugroho, Iwan Kurniawan Subagja. 2018. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Bank Perkreditan Rakyat Gracia Mandiri Bekasi Timur.” 6(1):28–47.
Imam Ghozali. 2019. Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Universitas Diponegoro.
Indrasari. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Massora, Agustina, And Indah Widyanti. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan PT . Bank.” 9(1):20–38.
Meilani, Lira Arlia. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah The Effect Of Service Quality And Corporate Image To Customer Satisfaction.” 2(2):143–52.
Pontoh, Michael B, Lotje Kawet, And Willem A. 2014. “Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Bri Cabang Manado.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
Priyatno. 2018. SPSS. Yogyakarta: CV. ANDI OFFESET.
Subagiyo, Rokhmat, And Ahmad Budiman. 2019. “Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Saluran Distribusi Terhadap Kepuasan Nasabah.” 5:280–95.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni. 2021. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Supranto. 2021. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Wiwin Koni. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Amanah Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Pt. Pegadaian Syariah Cabang Gorontalo. Islamic Economics And Finance.”