Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mazeltov Barbershop Kota Probolinggo

  • Baihaki Baihaki Universitas Panca Marga
  • RR Setyani Hidayati Universitas Panca Marga
  • Mutimmah Rustianawati Universitas Panca Marga
Keywords: Word Of Mouth, Customer Satisfaction, Service Quality

Abstract

Perusahaan akan melayani konsumen dengan baik dan meningkatkan kualitas pelayanan serta mencapai tingkat kepuasan tertinggi bagi konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptiff kuantitatif, dengan variabel independen (bebas) Kualitas Pelayanan (X1), dan Word Of Mouth (X2) serta variabel dependen (terikat) Kepuasan Konsumen(Y). Populasi yang dimaksud adalah jumlah konsumen yang memakai jasa pada Barbershop De Laki’e Kota Probolinggo dengan acuan bulan Desember 2022 sebanyak 479 konsumen. penentuan pengambilan jumlah responden (sampel)  yang “Sampling insidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan/insidental bertemu dengan penentuan sampel, bila dipandang orang yang kebentulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Sumber data meliputi : (1) data primer, (2) data Sekunder. Metode analisis data yang digunakan meliputi : statistik deskriptif, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien determinasi (R Square), pengujian hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F. Hasil penelitian dari uji simultan kuliatas pelayanan (X1), dan word of mouth  (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dari perhtungan uji F peroleh nilai Fhitung  = 18.539. Selain itu dariuji parsial menunjukan bahwa kuliatas pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan nilai thitung = 2,094, dan word of mouth (X3) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan nilai thitung = 5,967.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, kepuasan konsumen

References

Alva, R. (2017). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT.KANGZEN KENKO INDONESIA DI MANADO. Jurnal EMBA, 5(3), 4585–4594.
Arief. (2020). Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Bayu Media Publishing.
Arifianti, R., & Gunawan, W. (2021). Perilaku Impulse Buying Di Masa Pandemi. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 5(1), 43. https://doi.org/10.24198/jsg.v5i1.30759
Asrizal Efendy Nasution, & Nasution, S. M. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Faktor Emosional Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 2021, Hal 142- 155, 2(: Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional, Biaya dan Kemudahan, keinginan konsumen), 14 pages. file:///C:/Users/Asus/Downloads/jurnal tm metopen/5. Pengaruh Kualitas Pelayanan Faktor Emosional Biaya 2021.pdf
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Undip.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggang. Unitimo Press.
Itasari, A. A., Hastuti, N. H., & Supriyadi, A. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(0), 52–59.
Nurani, Eldon, M., & Ruspinendya, B. P. (2022). Pengaruh Servicescape, Brand Image, Dan Word of Mouthterhadap Kepuasan Konsumen. Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 1(1), 42–49. https://journal.unita.ac.id/index.php/bemj/article/download/579/436
Priansa., D. J. (2017). komunikasi Pemasaran Terpadu. CV PUSTAKA SETIA.
Putri, D. C. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Gacoan di Yogyakarta). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 851–866. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2
Sambara, J., Tawas, H. N., Samadi, R. L., Pengaruh, A., Produk, K., Dan, K. P., Manajemen, J., & Ratulangi, U. S. (2021). STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CAFE 3 . AM KOFFIE SPOT MANADO ANALYSIS OF THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY , SERVICE QUALITY AND STORE ATMOSPHERE ON CUSTOMER SATISFACTION AT CAFE 3 . AM KOFFIE SPOT MANADO Jurnal EMBA Vol . 9 No . 4 Oktober. 9(4), 126–135.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (25th ed.). Cv ALFA BETA.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Alfabeta CV.
Sujarweni. (2015). Metode Penelitian dan Ekonomi. PUSTAKABARUPRESS.
Sujarweni, V. W. (2022). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. PUSTAKABARUPRESS.
Published
2023-12-28
How to Cite
Baihaki, B., Hidayati, R., & Rustianawati, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mazeltov Barbershop Kota Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(6), 801-810. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i6.1494

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.