Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Tampiarto Plaza Kota Probolinggo

  • Muhammad Ridwan Universitas Panca Marga
  • Dedi Joko Hermawan Universitas Panca Marga
  • Mutimmah Rustianawati Universitas Panca Marga
Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap Hotel Tampiarto Plaza Kota Probolinggo dengan tujuan  untuk mengetahui  adanya pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi  terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Tampiarto Plaza Kota Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif, melalui variabel independen (bebas) Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi serta variabel dependen (terikat) Kepuasan Konsumen. Populasi dalam penelitian ini yang digunakan ialah para konsumen di Hotel Tampiarto Plaza Kota Probolinggo. Sampel yang diambil sebanyak 92 konsumen dari jumlah populasi 119. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sumber datanya memakai : (1) data primer, (2) data Sekunder. Metode analisis data yang digunakan meliputi : statistik deskriptif, pengujian validitas dan reabilitas, pengujian asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien determinasi (R Square) dan hipotesis uji parsial. Kesimpulan penelitian dari uji parsial menunjukan bahwa kualitas pelayanan terdapat pengaruh terhadap kepuasan konsumen, harga mempunyai pengaruh terhadap kepuasan Konsumen dan promosi mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen.

References

Abubakar, & Rusyadi. (2018). Manajemen Pemasaran (Sayed & Mahdi (ed.); Ke 1). CV. Alfabeta.
Adhari, & Zelviean, I. (2021). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. CV. Qiara Media.
Argasha, D. V., & Slamet, G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi TERHADAP Kepuasan Konsumen Smartphone Asus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Progam Studi Manajemen Universitas Surakarta. Surakarta Management Journal, 2(1), 40. https://doi.org/10.52429/smj.v2i1.396
Arianto, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Roda Hias Serpong. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(1). https://doi.org/10.32493/jee.v2i1.3512
Arief. (2020). Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Bayumedia Publising.
Bailia, Jefry, F.T., Soegoto, Supandi, Agus, R., L., & Sjendry, S. (2014). Pengaaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Knsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1768–1780.
Donni, Juni, & Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. CV. Alfabeta.
Duwi, & Priyatno. (2018). Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum. CV. andi Offset.
Imam, G. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam IBM SPPS 25. Universitas Diponegoro.
Indrasari, & Meithiana. (2019). Manajemen & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Nizar, Hamdani, Zaman, Maulidia, & Agustianus. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pizza Express Jakarta. Jurnal Nizar, Hamdani, Zaman, Maulidia, & Agustianus. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pizza Express Jakarta. Jurnal Wacana Ekonomi, 16(2), 090–096.Wacana Ekonomi, 16(2), 090–096.
Rondonuwu, P. (2013). Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 718–728. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2755
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV. Alfaeta
Sujarweni, & Wiratna, V. (2015). Metode Penelitian & Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Sujarweni, & Wiratna, V. (2020). Metode Penelitian & Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Sunyoto, & Danang. (2020). Dasar Dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, dan Kasus. CAPS.
Published
2023-04-28
How to Cite
Ridwan, M., Hermawan, D., & Rustianawati, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Tampiarto Plaza Kota Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(2), 221-230. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i2.1375

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.