Pengaruh Pelayanan Prima dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Pada UD. Probo Sakti Kota Probolinggo
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima dan harga terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan pada UD. Probo Sakti Kota Probolinggo. Penelitian ini memiliki 71 responden sebagai sampel. Teknik sampling yang dipakai pada penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan menggunakan teknik sampling purposive. Pengujian dilakukan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.2.9, yang terdiri atas dua model evaluasi yaitu evaluasi model pengukuran (outer model) dan evaluasi model struktural (Inner Model) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelayanan prima tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan UD. Probo Sakti; 2) Harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan UD. Probo Sakti; 3) Kepuasan pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan UD. Probo Sakti; 4) Pelayanan prima berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan UD. Probo Sakti; 5) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan UD. Probo Sakti; 6) Pelayanan prima tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan UD. Probo Sakti; 7) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan UD. Probo Sakti.
Referensi
Eliza, Z. Z. dkk. (2023). Pengaruh Pelayanan Prima dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Nasabah BSI KCP Pekalongan). Velocity (Journal Of Sharia Finance and Banking), 3(1) , 75-86
Elmas, M. S. dkk. (2016). Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediator Hubungan Antara Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan (Donatur) Pada Baitul Maal Hidayatullah Unit Penghimpunan Perwakilan (BMH UPP) Probolinggo. Jurnal Ecobuss, 4 (2), 76-86
Armalinda. (2020). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pelanggan Penumpang Kereta Api Ekonomi Pada Stasiun Lahat. e-Journal Universitas Asahan. 1-10.
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayati, W. dkk. (2023). Pengaruh Harga, Pelayanan Prima dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IX. JUMAD, 1(3), 391-400.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kartikasari, D. dkk. (2017). Efektivitas Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Kepuasan Pelanggan yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada Toko Obat Dewi Farma. Jurnal Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam, 1-5.
Ratnawili, dkk. (2021). Pengaruh Service Excellence, Customer Experience dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam, 4 (2), 394-407.
Sanjaya, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas. PROSPECT, 1-12.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi . Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thungasal, C. E. dkk. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Kasuari. AGORA, 7(1), 1-7.
Zulfiana, N. dkk. (2023). Pengaruh Pelayanan Prima dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Coffee Place Makassar. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 114-124.