Analisis Tingkat Pendidikan, Pelatihan Dan Penempatan Kerja Personil Aviation Scurity (Avsec) Di Bandar Udara Abdurahman Saleh Malang

  • Aghnia Azzar Ulfah Universitas Panca Marga
  • Titik Musriati Universitas Panca Marga
  • Dedi Joko Hermawan Universitas Panca Marga
Keywords: Pendidikan, Pelatihan, Penempatan Kerja, Aviation Security

Abstract

Sumber daya manusia adalah unsur terpenting untuk meningkatkan status bandar udara dilihat dari pengamanan penumpang dan pelayan di bandar udara. Tingkat pendidikan, pelatihan, dan penempatan kerja dapat menentukan kinerja personil Aviation Security (AVSEC), kinerja yang dihasilkan personil AVSEC yang baik merupakan kriteria internasional dalam sumber daya manusia dalam mewujudkan pengamanan dan pelayanan maksimal. Tingkat pendidikan, pelatihan, dan penempatan kerja untuk personil Aviation Security (AVSEC) di Bandara Abdulrachman Saleh Malang akan menjadi topik bahasan dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan tingkat pendidikan, pelatihan, penempatan kerja berpengaruh terhadap personil Aviation Security (AVSEC). Kualitas keamanan penerbangan dapat dilihat dari tingkat pendidikan yang sudah sesuai dengan standar yang ada tetapi perlu ditingkatkan untuk menunjang status bandara internasional, personil Aviation Security (AVSEC) sudah memenuhi pelatian yang wajib diikuti, sedangkan penempatan kerja di Bandara Abdulrachman Malang Saleh ditentukan oleh tingkat pendidikan dan disesuaikan dengan lisensi pelatian personil Aviation Security (AVSEC).

References

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Indonesia, Presiden Republik. 2021. “Standar Nasional Pendidikan.” (102501).
Ivalaina Astarina, Sry Windartini. 2022. Manajemen Sumber Daya Manusia. Samarinda: STMIK Widya Cipta Dharma.
Kementerian Ketenagakerjaan RI. 2016. “Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No.39/2016 Tentang Penempatan Tenaga Kerja.” : 1–98.
Menteri Perhubungan Republik Indonesia. 2015. “Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2015 Tentang Program Pendidikan Dan Pelatihan Keamanan Penerbangan Nasional.” Menteri Perhubungan Republik Indonesia: 1–13. https://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2015/PM_137_TAHUN_2015.pdf.
Pangestuti, Dewi Cahyani. 2019. “Analisis Pengalaman Kerja, Kompetensi, Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Pengembangan Karir Dengan Intervening Prestasi Kerja.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4(1): 57–68.
Permenhub 127. 2015. “Ministerial Regulation Number 127 of 2015 Concerning National Aviation Security Programs.”
Roellyanti, M V, and H M Farizan. 2022. “Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kinerja Petugas Aviation Security (AVSEC) Di Bandar Udara Hasan Sampit.” Jurnal Kewarganegaraan 6(1): 1111–20.
Sedarmayanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Refika Aditama.
Situmorang, Daniel Ortega, Luis Marnisah, and Fakhry Zamzam. 2020. “Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, Dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Division Operation 2 PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 17(3): 242.
Sonhadji, H. Ahmad. 2013. Manusia Teknologi Dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: UM Press.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, Prof. Dr. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, v. Wiratama. 2022. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Ulfah, A A. 2019. “Perkembangan Fasilitas Pelayanan Masyarakat (Publik) Guna Meningkatkan Status Bandar Udara Domestik Menuju Bandar Udara.” (160108030). https://digilib.sttkd.ac.id/416/.
Published
2023-04-28
How to Cite
Ulfah, A., Musriati, T., & Hermawan, D. (2023). Analisis Tingkat Pendidikan, Pelatihan Dan Penempatan Kerja Personil Aviation Scurity (Avsec) Di Bandar Udara Abdurahman Saleh Malang. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(2), 171-180. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i2.1353

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.