Pengaruh Motivasi, Etos Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Bkpsdm) Kabupaten Probolinggo

  • Sepniar Yulanda Universitas Panca Marga
  • Dedi Joko Hermawan Universitas Panca Marga
  • Trivosa Aprilia Novadiani Haidiputri Universitas Panca Marga
Keywords: Motivasi, Etos Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja.Pegawai

Abstract

Penelitianjini dilakukan dengan tujuan untukjmengetahuijPengaruh Motivasi, EtosjKerja danjLingkungan Kerjajterhadap KinerjakPegawai padakBadan Kepegwaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo secaraj parsial.kJenis penelitianjyang digunakanjadalah penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 44 pegawai dari jumlah populasi 57 pegawai yang terdiri dari PNS dan Non PNS. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa : 1) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. 2) Etos Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. 3) Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Pekanbaru Riau: Zanafa.
Arifin, Echdar, & Maryadi. (2022). Pengaruh Etos Kerja, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada BAPPEDA Kabupaten Jeneponto.
Ie, Martinus, & Obon, Walter. (2023). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Pelita Maumere. Jurnal Kewirausahaan Dan Manajemen Bisnis.
Irawan, Ansar, & Dahlan. (2022). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Perdagangan Kota Makassar.
Mangkunegara, A. . A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda.
Monika, Rusman, & Maydiantoro. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja, Pelatihan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Koperasi Sai Betik (KPN) di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat.
Nugroho, Sulistyo, A., & Haritanto, W. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Denga Pendekatan Statistik. ANDI.
Panjaitan, Maludin, & S.S. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Budaya Perusahaan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Taman Simalem Resort. Jurnal Ilmiah Methonomi.
Prastyo, I. D., & Santoso. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Crew Burger King Surabaya Timur. Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah.
Priansa, D. J. (2014). Perencanaan & Pengembangan SDM (A. Garnida, ed.). Bandung: ALFABETA.
Ramadan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Ratri, A. P. (2022). Pengaruh Etos Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Abadi Bersama. Jurnal Ilmih Metadata.
Oktavia, Reffi, & Fernos. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang.
Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
2023-06-28
How to Cite
Yulanda, S., Hermawan, D., & Haidiputri, T. (2023). Pengaruh Motivasi, Etos Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Bkpsdm) Kabupaten Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(3), 401-410. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i3.1399

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.