Pengaruh Kepercayaan, Komitmen Dan Komunikasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Telkom Indonesia Kantor Cabang Kraksaan Kabupaten Probolinggo

  • Della Widya Savira Universitas Panca Marga
  • Mohammad Saiful Bahri Universitas Panca Marga
  • Agustina Pujiastuti Universitas Panca Marga
Keywords: : kepercayaan, komitmen, komunikasi, loyalitas pelanggan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, komitmen dan komunikasi terhadap loyalitaspelanggan pada PT. Telkom Indonesia Kantor Cabang Kraksaan Kabupaten  Probolinggo. Penelitian kuantitatif dengan hubungan asosiasif kausal ialah jenis penelitian yang dipakai. Kepercayaan (X1), komitmen (X2) dan komunikasi (X3) ialah variabel independen. Sedangkan loyalitas pelanggan(Y) ialah variable dependen yang dipakai di dalam penelitian ini. Sampel didalam penelitian ini ialah sebanyak 97 pelanggan. Penetapan sampel yang dipakai didalam penelitian ini ialah purposive sampling. Uji dugaan sementara (Hipotesis) bisa diambil kesimpulan yaitu varaibel kepercayaan diperoleh nilaithitung>ttabel (2,393> 1,660) menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, variable komitmen diperoleh nilai thitung>ttabel (2,001 > 1,660) menunjukkan bahwa komitmen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan variable komuniasi diperoleh nilai thitung>ttabel (2,948> 1,660) menunjukkan bahwa komunikasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

References

Alfiyah, Hamdah. (2021). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Pt. Auto plastik Indonesia Karawang Timur. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Erwin, Erwin (2017) Pengaruh Kualitas Jasa, Kepercayaan Konsumen, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen pada JNE Apartemen Gading Nias / Managemen Pemasaran / Erwin / 24130365 / Pembimbing: Tumpal J. R. Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Kaunang, Valerie Janet Gabriella. Pengaruh Pemasaran Interaktif, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Barang Elektronik Secara Kredit Di Perusahaan FIF Spektra Cabang Airmadidi. Jurnal EMBA Vol. 9 No. 3 April 2021. Hal. 62 – 70. ISSN 2303-1174.
Khotimah, Chusnul. (2016). Pengaruh Relationship Marketing Dan Brand Image TerhadapKepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 36 No. 1 Juli 2016.
Latan, Hengky dan Selva Temalagi. (2013). Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Bandung: Alfabeta.
Paewangi, Halipah. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Komitmen Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pada Bank Sultra. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol 4, No 1. ISSN: 2460-1012.
Rahmansyah, A. I., Balqis, N. S., Rahajeng, Y., Elmas, M. S. H., & Masluha, S. (2022). The Effect of Non Perfoming Financing and Financing to Deposit Ratio On Return On Assets. Assets : Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan Dan Pajak, 6(2), 100–107. https://doi.org/10.30741/assets.v6i2.849
Rahmansyah, A. I., Wardayati, S. M., & Miqdad, M. (2021). Audit Committee, Board, and Audit Report Lag. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 11(1), 19–30. https://doi.org/10.30741/wiga.v11i1.577
Ramanta, Tri Hernando. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Produk Mebel Di CV. Karunia Meubel Tuminting. Jurnal EMBA Vol.9 No.1 Januari 2021, Hal. 1018-1027. ISSN 2303-1174.
Siregar, Syofian. (2013). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudaryana, Yayan. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Indonesia (Persero) Kota Tangerang. Journal of Management Review. Vol 4, No 1.
Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
Sunyoto, Danang. (2011). Aplikasi SPSS Untuk Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Prenada Media Group.
Wulandari, Siti. (2017). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Asuransi Jiwa. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, nomor 9, September 2017e-ISSN : 2461-0593.
Published
2025-01-08
How to Cite
Savira, D., Bahri, M., & Pujiastuti, A. (2025). Pengaruh Kepercayaan, Komitmen Dan Komunikasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Telkom Indonesia Kantor Cabang Kraksaan Kabupaten Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 2(5), 731-740. https://doi.org/10.51747/jumad.v2i5.2092

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>